Beranda Warta Berita Sosialisasi Program Kotaku buat Anak Nagari

Sosialisasi Program Kotaku buat Anak Nagari

Berita Sumatra Barat Agam Sosialisasi Comments (0) View (448)

Pada Rabu Tanggal 19 Mei 2020, dengan tetap mematuhi protocol pencegahan Covid 19, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi tingkat kelurahan/Nagari tepatnya di Nagari Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yakni loby loby pada stakeholders nagari.

Sosialsiasi ini dilaksanakan di Kantor Walinagari Biaro Gadang yang dihadiri secara langsung oleh Lurah/Walinagari Biaro gadang Bapak Ishak, selain wali nagari juga dikuti oleh Perangkat nagari, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh perempuan, pemuda, dan perwakilan warga lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutannya Walinagari yang menyampaikan hal hal sebagai berikut “dengan hadirnya Program KOTAKU di Nagari Biaro Gadang, kita sebagai masyarakat Nagari Biaro Gadang sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang telah membantu upaya percepatan pembangunan di Nagari Biaro Gadang yang nantinya dapat mendukung perekonomian anak nagari, dan sebagai pimpinan/ Walinagari beliau mengimbau kepada semua komponen masyarakat nagari untuk mendukung suksesnya program KOTAKU”.

Dilanjutkan dengan paparan Askot CD Mandiri Kabupaten Agam, ttg substansi dan mekanisme program KOTAKU, beberapa point penting yang disampiakan adalh Sbb: bahwa tujuan dari program adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan.

Karakteristik perumahan kumuh dan permukiman kumuh dapat dilihat dari kondisi sarana dan prasarana, kondisi, jalan lingkungan, draienase lingkung, penyedian air bersih, pengelolaan persampahan, pengelolaan air limbah, pengaman kebakaran dan ruang terbuka publik, yang sering kita sebut tujuh indikator kumuh. Untuk itu perlu dukungan semua pihak yang ada nagari Biaro gadang dalam menyuskseskan program KOTAKU.

Diakhir sesi disepakati beberapa hal penting yang dituangkan dalam Berita Acara seperti kesiapan masyarakat untuk mendukung Program KOTAKU di Nagari Biaro Gadang dan aparat Nagari, Jorong, dan relawan (Kader) akan mensosialisasikan Program KOTAKU dan penanganan kumuh di Nagari Biaro Gadang. Masyarakat dan tokoh masyarakat Biaro gadang, siap mensupoort pelaksanaan program KOTAKU, sehingga benar benar bermanfaat bagi masyarakat, dan target pengurangan kumuh menjadi nyata.[Sumbar]


Penulis: Hendri Matias, Communication Specialist Program Kotaku Provinsi Sumatra Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.