Beranda Warta Berita DPR Kunjungi Area Baru Program Kotaku Meunasah

DPR Kunjungi Area Baru Program Kotaku Meunasah

Berita Aceh Kunjungan Kerja DPR RI Aceh Besar Comments (0) View (381)

Kunjungan Komisi V DPR RI, H. Irmawan, S.Sos, M.M berada dititik lokasi di Gampong Meunasah Kulam Kecamatan Mesjid Raya yang merupakan wilayah baru dampingan Program Kota Tanpa Kumuh sesuai surat penetapan Mentri PUPR No. 167 Tahun 2020 dimana ada 4 gampong yang berada di 3 Kecamatan, yaitu Gampong cadek Kecamatan Baitussalam, Gampong lambaro kecamatan Ingin Jaya, dan gampong Meunasah Kulam dan Meunasah Keudee kecamatan masjid Raya.

Pada pertemuan yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2020 dihadiri oleh sejumlah pelaku program KOTAKU mulai dari tingkat gampong juga hadir dari provinsi Aceh, diantaranya kepala balai Prasarana permukiman Wilayah Aceh, kasatker Pelaksaanan permukimana Wilayah Aceh, PPK Aceh, Tim OC Aceh, sekretaris daerah kabupaten Aceh Besar yang diwakili oleh Assiten 1 SETDAKAB Aceh Besar, Plt. Kadis PUPR, Kadis Lingkungan Hidup Aceh besar, dan perwakilan dari bappeda Aceh Besar, camat masjid raya, gechik dan sejumlah perwakilan dari BKM (badan keswadayaan masyarakat) dan TIPP (tim inti perencanaan partisipatif).

Irmawan menyampaikan dalam Sambutannya, bahwa Program Kota Tanpa Kumuh harus bersinergi antara kabupaten dan pusat, jika nol hektar kumuh menjadi tujuan utama, selain penambahan lokasi program kota Tanpa Kumuh ada juga kegiatan lain yang akan menjadi focus di Aceh Besar yaitu pembangunan 400 Unit rumah, serta program pembangunan irigasi pedesaan yang sudah pernah dibangun sebanyak 30 titik lokasi untuk kabupaten Aceh Besar.

Kepala balai prasarana permukiman wilayah aceh, M. Yoza Habibie, ST. MT juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa kabupaten Aceh besar merupakan satu-satunya kabupaten yang melakukan penanganan pengurangan kumuh melalui dana kolaborasi murni bersama dunia usaha, beliau meyakini diakhir 2020 nantinya luasan kumuh berdasarkan SK penetapan awal 2020 sejumlah 150,54 Ha, bisa menjadi nol hektar, yang nantinya akan ada perubahan jumlah luasan setelah selesai dilakukan verifikasi melalui pendataan 7 indikator kumuh dengan 16 parameter yang ada, angka tersebut bisa saja terjadi kenaikan ataupun terjadi penurunan.

Selain pertemuan yang dipusatkan di meunasah gampong meunasah Kulam, juga dilakukan kunjungan lapangan melihat titik-titik lokasi permasalahan yang ada di gampong Meunasah Kulam, dimana sebelumnya dilakukan paparan hasil capaian sementara yang difasiltasi oleh tim fasilitator Kota Tanpa Kumuh kabupaten Aceh Besar bersama para BKM dan TIPP oleh Asisten Kota Mandiri kabupaten Aceh Besar.

Disisi lain maya keumala Dewi selaku Asisten Kota Mandiri program Kota tanpa Kumuh menyampaikan hingga kini proses dilapangan terus berjalan, terutama di 16 gampong dampingan program kota tanpa kumuh, dimana sebelumnya hanya 12 gampong yang menjadi dampingan program Kota tanpa Kumuh, dalam pendampingan sebelumnya ada banyak proses yang dilakukan mulai dari sosialisasi awal, pemilu BKM, pendataan 7 indikator kumuh, hingga menghasilkan peta permasalahan yang ada.[Aceh]


Penulis: Tim Komunikasi, Kabupaten Aceh Besar Program Kotaku Provinsi Aceh

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.