Beranda Warta Cerita Masa Pandemi, Kotaku Lingga [Tetap] Menjemput Asa

Masa Pandemi, Kotaku Lingga [Tetap] Menjemput Asa

Cerita Kepulauan Riau Lingga Sosialisasi Covid-19 Comments (0) View (173)

Seperti yang kita ketahui awal tahun 2020 Pandemi Covid-19 menjadi permasalahan kesehatan dunia, termasuk Indonesia. Semua negara mulai dari pemerintah provinsi sampai pemerintah daerah berusaha untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan berbagai upaya, antara lain Karantina Wilayah, Isolasi Wilayah maupun Pembatasan Sosial Berskala Besar. Situasi ini berpengaruh terhadap tatanan kehidupan masyarakat termasuk pelaksanaan pendampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 melalui Program Kotaku mendapat 5 tambahan lokasi baru yang tersebar di 3 Kabupaten/Kota, salah satunya adalah Kabupaten Lingga terdiri dari 2 kelurahan yaitu Kelurahan Daik dan Kelurahan Pancur. Berdasarkan Surat Perintah Tugas (SPT) oleh Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Kawasan Permukiman Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman BPPW Kepulauan Riau pada bulan April, menugaskan Tim Fasilitator untuk melaksanakan pendampingan pelaksanaan Program Kotaku di Kabupaten Lingga yang terdiri dari Askot Mandiri, Senior Fasilitator, Fasilitator Teknik dan Fasilitator Ekonomi.

Sebelum mobilisasi Tim Fasilitator dari Tanjungpinang ke Kabupaten Lingga terlebih dahulu Oversight Consultan-3 (OC3) berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi, agar mendapatkan informasi tentang perkembangan Covid-19. Kabupaten Lingga termasuk kategori aman (Zona Hijau) dan tidak ada yang terpapar Covid-19. Gugus Tugas mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk mobilisasi personil melakukan pendampingan Program Kotaku ke Kabupaten Lingga dengan syarat Tim Fasilitator harus melakukan Rapid Test yang menyatakan negatif Covid-19.

Kendala dalam mobilisasi personil adalah tidak ada transportasi (kapal) menuju Kabupaten Lingga. Pemerintah Kabupaten Lingga sejak tanggal 28 Maret 2020 memberlakukan “blocking area” dengan cara menutup jalur transportasi kapal penumpang menuju Lingga. Yang diperbolehkan hanya kapal barang membawa kebutuhan pokok, dengan catatan tidak diperbolehkan membawa penumpang.

Melalui fasilitasi BPPW Kepulauan Riau dengan Pemda Lingga, bahwa Program Kotaku merupakan salah satu kegiatan Padat Karya di lingkungan Direktorat Jendral Cipta Karya yang akan berkontribusi membantu pemerintah mencegah dampak Pandemi Covid-19. Disepakati mobilisasi Tim Pendamping Kotaku bisa dilakukan dengan menggunakan Speedboat milik Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga pada tanggal 09 Mei 2020. Proses mobilisasi tetap mematuhi Protokol Pencegahan Covid-19, setelah sampai di Lingga sebelum turun dari speedboat dilakukan lagi pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan.

Sesampainya di lokasi dampingan, Tim Fasilitator tidak bisa langsung melakukan pendampingan pelaksanaan Program Kotaku, tetapi harus melakukan karantina selama 14 hari dan dipantau setiap hari oleh Dinas Kesehatan. Silaturahmi dan Koordinasi Tim Pendamping bersama Pemda dan Gugus Tugas dilakukan di Gedung Daerah dengan tetap menerapkan Protokol Covid-19 melalui pengecekan suhu tubuh, memakai masker dan tetap menjaga jarak. Arahan dari Pemda dan Gugus Tugas bahwa Tim Fasilitator yang bertugas di Kabupaten Lingga harus tetap menjaga diri dan mencegah penyebaran Covid-19.
Dalam masa karantina Tim Fasilitator tetap melakukan koordinasi secara terbatas dengan OPD terkait, aparat kelurahan dan tokoh masyarakat. Tim memberikan gambaran informasi tentang Program Kotaku dan tahapan pelaksanaan Program termasuk kebutuhan akan lembaga independen yang akan mengelola program Kotaku di tingkat Kelurahan. Melihat kesungguhan Tim Fasilitator dan keterbatasan ruang gerak karena pandemi sebahagian masyarakat mendatangi Posko Tim untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak lagi mengenai Kotaku.

Setelah masa karantina berakhir pada tanggal 23 Mei 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga melalui Puskesmas Daik menerbitkan surat keterangan yang menyatakan Tim Fasilitator Program Kotaku Sehat. Dengan berakhirnya masa karantina semoga Tim Fasilitator bisa melakukan pendampingan lebih intensif, tanpa rasa was-was dan ketakutan dari masyarakat Kabupaten Lingga terhadap kedatangan orang dari luar daerah. Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Lingga dinilai berhasil melakukan pengendalian terhadap pencegahan Covid-19, dengan tidak adanya warga yang positif terpapar Covid-19.[Kepri]


Penulis: Raziza Malindawati, TA Komunikasi OC3 Kepri Program Kotaku Provinsi Kepulauan Riau

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.