Padat Karya di Cilacap Terlaksana Mantap

Cerita Jawa Tengah Cilacap Padat Karya Comments (0) View (122)

Kegiatan Padat Karya melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah tetap berjalan meski pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Diawali dengan survei teknis ke lokasi pada 19 Maret 2020, pembentukan panitia pekerjaan melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM) pada 24 Maret. Di hari yang sama dilakukan juga survei harga satuan upah/material/alat serta kesepakatan harga dan swadaya. Kemudian dilakukan pembentukan dan revitalisasi kelompok pemanfaat dan pemelihara (KPP) pada 30 Maret.

Dilanjutkan dengan identifikasi dampak dan rencana pengelolaan, pemaketan pekerjaan, penyusunan DED, RAB, RKS dan jadwal pekerjaan, yang difinalkan pada 12 April. Askot Infra Program Kotaku Kabupaten Cilacap melakukan verifikasi kegiatan pada 14 April. Pemberkasan pencairan tahap I dilaksanakan pada 1 Mei, diikuti dengan penyusunan rencana kerja KSM pada 4 Mei, dan penandatanganan SPK BKM dengan PPK pada 5 Mei. Setelah itu, dilakukan verifikasi rencana kerja KSM oleh Faskel Teknik dan Unit Pengelola Lingkungan BKM dilakukan pada 8 Mei.

Berikutnya, dilaksanakan penandatanganan Surat Perjanjian Pemanfaaan Dana Lingkungan (SPPDL) KSM dengan BKM pada 18 Mei, penyaluran dana bantuan pemerintah bagi masyarakat (BPM) Kotaku 2020 Tahap 1 dari BKM ke KSM pada 19 Mei. Menyusul, Musyawarah Persiapan Pelaksanaa Konstruksi (MP2K) untuk seluruh paket pekerjaan pada 29 Mei.

Sebelum tahap pelaksanaan pekerjaan, dilakukan on the job training (OJT) kegiatan yang mengacu pada Protokol Pencegahan COVID-19 pada 30 Mei dan 2 Juni 2020. Akhirnya, direalisasi kegiatan padat karya berupa pembangunan drainase yang menyerap 5 orang tenaga kerja dan jumlah hari orang kerja (HOK) sebanyak 374 HOK. Sedangkan pekerjaan septictak komunal diselesaikan dengan melibatkan 9 orang tenaga kerja dan jumlah HOK sebanyak 655 HOK. [Jateng]

Dokumentasi lainnya:

    

 

Penulis: Tim Komunikasi OSP Program Kotaku Jawa Tengah

Editor: Nina Razad

0 Komentar