Beranda Warta Cerita LKM Molek Berseri [Telah] Berdiri

LKM Molek Berseri [Telah] Berdiri

Cerita Riau Pemilihan LKM Indragiri Hulu Comments (0) View (50)

Berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 167/KPTS/M/2020 tentang penetapan lokasi bantuan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat tahun anggaran 2020, yang salah satunya berlokasi di Kelurahan Air Molek 1, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, yang terdiri atas 23 RT, 8 RW, 4 Kepala Lingkungan (KL). Di tahap awal kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) sudah dilakukan serangkaian kegiatan Persiapan yaitu salah satunya pembentukan Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) di Kelurahan Air Molek 1, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Air Molek 1, pada Jumat, 1 Mei 2020.

Diawali dengan tahap Sosialisasi Tingkat Kelurahan di Kantor Kelurahan Air Molek 1, pada 27 April 2020, dihadiri 27 peserta terdiri dari lurah, LPMK, Babinkamtipmas, tokoh masyarakat, kepala lingkungan (KL), RT, RW, tokoh agama dan perwakilan PKK. Sebelum melakukan sosialisasi di tingkat Kelurahan diawal sudah dilakukan koordinasi dengan camat, lurah, dan Babinkamtipmas Kelurahan Air Molek 1, Kecamatan Pasir Penyu untuk melakukan pertemuan di kelurahan namun tidak meninggalkan pengamanan terhadap Protokol Kesehatan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Pada saat sosialisasi sudah disampaikan apa itu Program Kotaku, tujuan, dan tahapan dari kegiatan Program Kotaku, kemudian disampaikan mekanisme pembentukan lembaga kolektif di kelurahan dengan melakukan sistem Pemilu yang akan disaring dari tingkat Basis (RT) sampai dengan tingkat kelurahan dengan mengisi kartu suara. Nantinya dipilih suara terbanyak berdasarkan kriteria yang mengandung nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat.

Untuk pembentukan LKM dibuat panitia yang akan merancang aturan main dan draf AD/ART BKM yang akan disampaikan saat pembentukan LKM. Disepakati bersama dalam pembentukan LKM tingkat kelurahan maka diutus tiga orang dari pemilihan tingkat basis, kemudian disaring dengan melakukan pemilihan di tingkat KL yang akan diutus berjumlah 5 orang, kemudian dalam Pemilu LKM ini dihadiri 20 peserta, yang sudah disaring dari masing-masing KL.

Jumlah anggota LKM terpilih ditentukan sebanyak 9 orang berdasarkan kesepakatan bersama dalam forum rapat, dalam proses pemilihan LKM yang terpilih berjumlah 9 orang ditentukan berdasarkan nilai suara teringgi. Berikutnya untuk nama LKM yang disepakati oleh peserta rapat yang hadir yaitu LKM "Molek Berseri" sebagai perwujudan visi yang disepakati dalam AD/ART untuk mengatasi permasalahan lingkungan kumuh di Kelurahan Air Molek 1 agar mengubah menjadi lebih bersih, indah, dan berseri.[Riau]


Penulis: Rahmatullah, Asisten Kota Mandiri Kab Indragiri Hulu Program Kotaku Provinsi Riau

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.