"> ">
Beranda Warta Berita Terbukti, Menulis Itu Mudah di Webinar Kotaku

Terbukti, Menulis Itu Mudah di Webinar Kotaku

Berita Webinar detikcom Jurnalistik Publikasi Comments (0) View (202)

Bisa karena biasa, mungkin paling pas menggambarkan suasana belajar menulis ala Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Tak kurang dari 500-an peserta Webinar "Menulis Itu Mudah" yang terbagi dalam dua akses komunikasi wawan muka media daring, aplikasi Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming, saling berlomba membuktikan bahwa menulis itu sejatinya memang bukan persoalan yang amat pelik. Bahkan, animonya tak kepalang tanggung di sesi pelatihan yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB itu. Hanya dalam tempo 1,5 jam pemaparan materi dari Managing Editor (Redaktur Pelaksana) detik.com Erwin Dariyanto, nyaris sepertiga lebih peserta spontan bisa menulis satu paragraf berita dengan durasi waktu cuma lima menit. Menulis itu mudah, terbukti!

"Seperti ayam dan telur. Bisa duluan, dan bergantian," kata Erwin, menjawab peserta yang ditanyakan melalui room chat di Zoom: judul dibuat sejak awal, atau tulisan lebih dulu dibikin? Dia memaparkan, judul bisa membantu penulis untuk 'setia' pada fokus tulisan, angle. Namun judul pun bisa menjadi perasan inti berita setelah selesai dibuat hingga tuntas. "Bila rajin berlatih menulis, nanti akan terbentuk sendiri," ujar Erwin menginspirasi.

Tak sedikit teori dan praktik yang ditanyakan para pelaku Program Kotaku di acara dengan moderator Tenaga Ahli Komunikasi Konsultan Manajemen Pusat Program Kotaku Wilayah 2 Iroh Rohayati Fatah. Selain judul, ada yang terkendala strategi memulai tulisan, keterbatasan kosa kata, memilih kutipan, atau lupa syarat data 5W dan 1H (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, serta bagaimana). "Solusinya, ya menulis dan membaca," cetus Erwin serius. Karena dengan begitu, lulusan Universitas Negeri Solo yang berkecimpung di dunia jurnalistik di Tanah Air sejak 2004 ini berkeyakinan, ketajaman menulis bisa terus diasah.

Webinar "Menulis Itu Mudah" dilanjutkan hingga menjelang pukul setengah dua siang WIB dengan paparan singkat menyoal panduan menulis sebagai pakem di Program Kotaku. Pemaparnya adalah Sub Prof Communication Bidang Management Media - Information and Communication Technology KMP Program Kotaku Wilayah 2 M.I. Stephen Vincent dan data serta analisa media sosial program oleh Asisten Komunikasi untuk Media Sosial dan Electronic-Media KMP Program Kotaku Wilayah 2 Nina Firstavina. Data mengungkap, respons publik terhadap media komunikasi online terbilang positif dan [masih] didominasi kaum pria.

Suasana diskusi seakan tak berkesudahan. Saking banyaknya, panitia webinar terpaksa harus memilih menjawab sebagian atas sejumlah pertanyaan yang dilontarkan peserta melalui akses Zoom maupun Youtube.

Sedianya, seri pertama webinar publikasi dengan fokus penulisan akan dilanjutkan pada hari kedua, untuk sesi grafis foto dan video. Satu catatan penting dan menjadi nyata: "Menulis Itu [memang] Mudah". Anda menjadi saksi! [KMP]

Penulis: M.I. Stephen V., MM-ICT KMP Program Kotaku Wil. 2

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.