Beranda Warta Cerita KPP Idaman Demak, Mewujudkan Lingkungan Bebas Kumuh

KPP Idaman Demak, Mewujudkan Lingkungan Bebas Kumuh

Cerita Jawa Tengah Demak KPP Infrastruktur Comments (0) View (301)

Pembangunan infrastruktur pada permukiman kumuh, diharapkan dapat memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan social ekonomi masyarakat secara berkesinambungan. Selain faktor kualitas kontruksi yang dihasilkan, faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan fungsi suatu infrastruktur agar melampaui umur rencana adalah pengelolaan.

Pengelolaan disini yaitu kegiatan Operasional dan Pemeliharaan (O&P) yang dikelola oleh lembaga pengelola yang mempunyai program kerja termasuk rencana pembiayaan. Penggelola disini dilaksanakan oleh Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP). Di BKM Amanah Desa Turirejo membentuk KPP pada 22 Juli 2019 yang diberi nama KPP Idaman. KPP dibentuk sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan permukiman yang berkelanjutan.

Kegiatan KPP antara lain melakukan pemeliharaan secara rutin dan terus menerus. Umumnya kegiatan ini bersifat pencegahan untuk menjaga agar prasarana tidak rusak dengan cara kegiatan pembersiahan. Kegiatan berkala juga perlu dilakukan KPP dengan cara perawatan dan perbaikan ringan. Selain itu kegiatan beutifikasi juga diperlukan untuk wilayah permukiman kumuh sehingga wilayah tersebut akan kelihatan terjadinya perubahan yang begitu signifikan.

KPP Idaman juga bekerja sama dengan pemerintahan desa, warga masyarakat dan karang taruna dalam menata lingkungan lokasi delineasi yang mendapatkan bantuan BPM Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tahun Anggaran 2019, yaitu di RT 01/02, 02/02, 04/02, dan 01/09. Bantuan yang diberikan oleh masyarakat berupa dana jimpitan dan partisipasi dalam proses penataan dan pemeliharaan lokasi deliniasi di wilayah tersebut. KPP juga mengajak warga untuk memelihara sarana infrastruktur yang telah dibangun melalui kegiatan kerja bakti membersihkan saluran drainase dan pemeliharaan jalan paving. Selain itu warga juga menanam tanaman hias di sekitar lokasi delineasi sehingga wilayah tersebut terlihat rapi, bersih dan indah.

Oleh karena itu keberadaan KPP sangatlah penting untuk menjaga keberlanjutan dan keberfungsian hasil pembangunan infrastruktur sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu lama oleh masyarakat. KPP sebagai pengerak seluruh masyarakat untuk hidup bersih, sehat dan rapi dalam mewujudkan lingkungan yang bebas kumuh.[Jateng]

Penulis: Elok Fazriana, Fasilitator Kelurahan Sosial Kabupaten Demak Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.