Beranda Warta Berita Nah, BKM Kepri Tandatangani SPK Secara Online

Nah, BKM Kepri Tandatangani SPK Secara Online

Berita Kepulauan Riau SPK BKM Comments (0) View (207)

Pelaksanaan kegiatan Padat Karya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam masa pandemi Covid-19 sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya warga terdampak, oleh sebab itu harus dilakukan percepatan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur berbasis masyarakat sesuai arahan Presiden Jokowi kepada Menteri Kabinet Indonesia Maju. Dalam pelaksanaan kegiatan Padat Karya tetap mematuhi Protokol Tata Cara Pencegahan Covid-19 sesuai Surat Edaran Dirjen Cipta Karya No.19 tahun 2020 dan tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas setempat.

Demikian disampaikan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau Albert Reinaldo saat memberikan arahan pada acara penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Kawasan Permukiman (PPK PKP) dengan Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), pada Rabu (01/07) secara online melalui aplikasi videoconfrence Zoom.

Penandatangan SPK ini di ikuti oleh sembilan BKM yang mendapatkan alokasi Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kotaku tahun 2020, terdiri dari 5 lokasi BPM Reguler yang terdapat di Kabupaten Lingga (Kelurahan Daik dan Kelurahan Pancur), Kabupaten Bintan (Kelurahan Kijang Kota dan Kelurahan Gunung Lengkuas) dan Kabupaten Natuna (Kelurahan Ranai) dan 4 lokasi BPM Livelihood yang terdapat di Kota Batam (Kelurahan Duriangkang), Kota Tanjungpinang (Kelurahan Senggarang) dan Kabupaten Karimun (Kelurahan Tebing dan Kelurahan Lubuk Puding). Terdapat dua SPK yang ditandatangi oleh BKM yakni SPK Kegiatan Infrastruktur (BPM) dan SPK kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM).

Lebih lanjut Pak Al menegaskan meski ketika berlangsung kegiatan penandatangan SPK ini beliau sedang mengikuti rapat koordinasi di Jakarta, BKM sebagai ujung tombak penanggungjawab Program Kotaku harus bisa mengendalikan KSM dalam pelaksanaan kegiatan. Setiap satu rupiah uang negara harus bisa dipertanggungjawabkan, oleh karena itu buat dokumentasi dan administrasi yang baik sehingga tidak menimbulkan indikasi penyelewengan dana. Apabila terbersit keinginan untuk melakukan perbuatan yang merugikan ingat keluarga, pandangi foto anak ataupun pasangan kita.

Setelah penandatangan SPK, PPK PKP Istiadi Nugroho menyampaikan bahwa progres kegiatan Padat Karya dipantau secara harian dan mingguan oleh Kepala Balai. Oleh sebab itu perlu kerjasama yang baik dan dukungan dari masyarakat (BKM) dalam percepatan penyerapan pelaksanaan Kegiatan Padat Karya. Kegiatan ini harus memberikan dampak positif kepada masyarakat, karena ada pelibatan tenaga kerja serta potensi yang bisa dikembangkan. Bukan hanya sekedar pelaksanaan kegiatan fisik tapi harus bisa mengungkit daya ekonomi yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Meski percepatan, pelaksanaan kegiatan harus berjalan dengan baik dan berkualitas sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut PPK PKP menyampaikan kepada Tim Pendamping Program Kotaku baik yang ada di Provinsi, Kabupaten/Kota maupun Tim Fasilitator yang mendampingi langsung masyarakat untuk berkerja dengan baik dan sungguh-sungguh, saling berkoordinasi dan samakan persepsi. Situasi saat pandemi ini berbeda, oleh sebab itu semua pihak harus memahami dan memaklumi.[Kepri]


Penulis: Raziza Malindawati, Tenaga Ahli Komunikasi Kepri Program Kotaku Provinsi Kepulauan Riau

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.