Beranda Warta Cerita Meniti Harapan Lewat KPP Siasayangngi

Meniti Harapan Lewat KPP Siasayangngi

Cerita Sulawesi Barat Majene KPP Infrastruktur Comments (0) View (139)

Tujuan pembentukan KPP pada dasarnya adalah sebagai upaya untuk terwujudnya kesadaran bersama agar fasilitas yang dibangun baik dari segi kualitas maupun kuantitas tetap dapat dipertahankan dan dapat memberi manfaat secara kontinyu sehingga sasaran capaian pada jangka waktu yang ditentukan dapat terealisasi dan bahkan dapat memperpanjang umur bangunan.

Desa Pambo’borang Merupakan salah satu Desa dampingan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Non BPM tahun 2020 di Kabupaten Majene. Desa Pamboborang mendapatkan bantuan Dana BLM dari PNPM Mandiri Perkotaan pada tahun 2013 lalu, adapun Beberapa Kegiatan infrastruktur yang dibangun diantaranya adalah jalan Beton, Drainase dan Jamban Komunal. Dari Bantuan tersebut menjadi cikal bakal terbentuknya Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara di Desa Pambo’borang, yang di beri nama “ KPP SIASAYANGNGI” .

Inisiator pembentukan dan program kerja KPP di Desa Pambo’borang adalah Ibu Irma yang juga merupakan anak dari Koordinator LKM Siasayangngi. Salah satu Program Kerja yang telah dilaksanakan secara rutin oleh “KPP SIASAYANGNGI” adalah Kerja Bakti setiap hari Jum’at untuk membersihkan saluran drainase, pembersihan badan jalan, dan juga membersihkan saluran dari limpasan jamban komunal dan diadakan secara bergiliran di tiap Dusun.

Selain itu, KPP Siasayangngi juga memfasilitasi pembayaran atau iuran dari pemanfaat sesuai yang telah disepakati untuk digunakan merawat fasilitas yang dibangun, ketika fasilitas yang di bangun mengalami kerusakan ringan, Tetapi jika fasilitas tersebut sudah rusak berat, maka akan didorong Pendanaannya melalui dana Desa dima KPP Siasayangngi juga sangat mempunyai peran yang sangat aktif pada saat pelaksanaan Musrenbang ditingkat Desa dalam upaya untuk Membangun kesepahaman dengan Pemerintah Desa dengan cara memotret Potensi dan Sumber pembangunan yang tidak tersedia ataupun fasilitas umum yang kondisinya rusak berat.

Program Kegiatan KPP Siasayangngi Tersebut sampai sekarang masih berlanjut bahkan setelah PNPM Mandiri Perkotaan berubah nama Menjadi KOTAKU dan Desa Pambo’borang masuk dalam kategori sebagai lokasi Non BPM pada Program KOTAKU, dan harapannya Sesuai dengan namanya, Siasayangngi dari arti kata saling menyayangi, menjaga ataupun merangkul, maka Pengurus KPP Siasayangngi berharap kiranya Pemerintah Desa, Masyarakat pada umumnya ataupun terkhusus pada pemanfaat langsung agar kiranya tetap dapat berkontribusi penuh pada pemeliharaan fasilitas yang telah dibangun agar tetap bisa berfungsi maksimal seperti sekarang dan sampai seterusnya.[Sulbar]


Penulis: Asharin, Fasilitator Infrastruktur Kabupaten Majene Program Kotaku Provinsi Sulawesi Barat

Editor: Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.