Beranda Warta Artikel Begini, Alur Mekanisme PIM Kotaku

Begini, Alur Mekanisme PIM Kotaku

Artikel PIM Alur Mekanisme Comments (0) View (161)

Kali ini kami akan membawakan informasi mengenai Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yang dahulu dikenal dengan nama Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (PPM). Bagi teman-teman yang belum familiar dengan PPM, atau yang sekarang bernama PIM, apa sih PIM itu?

PIM adalah tata cara yang perlu dilakukan pelaku program dalam menanggapi informasi, aspirasi dan laporan dari masyarakat, sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang diatur dalam Prosedur Operasi Standar (POS) PIM.

Di mana Unit PIM dapat dijumpai? PIM dapat dijumpai di tingkat desa/kelurahan, kabupaten/kota, provinsi, dan juga di pusat. PIM di level desa/kelurahan bisa ditemukan di BKM/LKM yang menerima Program Kotaku. Sedangkan di tingkat kabupaten/kota, PIM ada di Kantor bupati/wali kota dampingan program. Adapun di tingkat provinsi ada di kantor gubernur. Sementara itu di tingkat Pusat, PIM bisa ditemukan di kantor Program Kotaku, yang difasilitasi oleh Konsultan Manajemen Pusat (KMP).

Silakan cermati gambar berikut berupa Alur Mekanisme Penyampaian Aspirasi, Keluhan, Kritik, Saran dan Apresiasi melalui PIM Kotaku.

Pertama, siapa saja boleh menyampaikan aspirasi, keluhan, kritik, saran dan apresiasi? Siapa saja dipersilakan: masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), perguruan tinggi, kelompok profesi, dan kelompok peduli.

Kedua, apa saja alat yang bisa digunakan? Aneka media bisa digunakan untuk menyampaikan aspirasi, keluhan, kritik, saran dan apresiasi. Sebut saja, telepon, faksimili, media sosial (facebook, instagram, twitter), SMS, surat, tatap muka, buku PIM, kotak PIM, dan website (pengaduan online).

Ketiga, ke mana menyampaikannya? Silakan menyampaikannya ke desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, bahkan pusat atau konsultan manajemen pusat (KMP).

Keempat, proses langkah-langkah fasilitasi oleh PIM. 

Kelima, hasil fasilitasi dari PIM disampaikan kembali ke pengadu bersangkutan. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.