Beranda Warta Cerita Nusa Tenggara Barat Mulai Laksanakan Padat Karya

Nusa Tenggara Barat Mulai Laksanakan Padat Karya

Cerita Nusa Tenggara Barat Padat Karya Infrastruktur BPM 2020 Comments (0) View (162)

Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Program Padat Karya Tunai (PKT) atau cash for work sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Tujuannya adalah mempertahankan daya beli masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Salah satu program PKT yang dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya yang bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda) dan Kelompok Masyarakat adalah melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Program Kotaku adalah wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya. Pada Tahun Anggaran 2020 Program Kotaku dilaksanakan di 364 kelurahan di seluruh Indonesia dengan anggaran Rp 382 miliar yang diperkirakan menyerap 12.979 tenaga kerja.

Program Kotaku mencakup dua kegiatan: Pertama, program Infrastruktur Skala Lingkungan (IBM) reguler berupa perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan, dan pembangunan septic tank biofil komunal, juga rehabilitasi. Kegiatan ini dilaksanakan di 287 desa/kelurahan yang tersebar di 24 provinsi.

Kedua, konstruksi infrastruktur skala lingkungan CERC di Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdampak bencana. Kegiatan ini tersebar di 77 kelurahan dengan rincian 45 kelurahan di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan 32 kelurahan di Provinsi NTB.

Di Provinsi NTB, kegiatan Program Kotaku antara lain dilaksanakan di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, berupa pembangunan MCK komunal yang menyerap jumlah tenaga kerja sebanyak 20 orang. Disusul dengan kegiatan pembangunan 4 unit MCK di Kelurahan Seketeng, Kabupaten Sumbawa, yang memberi manfaat bagi 36 jiwa. Serta pengerjaan paving block di Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Berikutnya, pembangunan jamban komunal di Kelurahan Prapen, Kabupaten Lombok Tengah, yang menyerap 20 orang tenaga kerja.

Masih banyak kegiatan padat karya lainnya dilaksanakan di lokasi dampingan Program Kotaku se-Indonesia. Nantikan informasi selanjutnya di website ini dan media sosial Kotaku. [NTB]

Penulis: Tim Komunikasi OSP Program Kotaku Provinsi Nusa Tenggara Barat

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.