Beranda Warta Berita Lokakarya Orientasi P2KP Propinsi Jawa Tengah

Lokakarya Orientasi P2KP Propinsi Jawa Tengah

Comments (0) View (1255)

UNTUK meningkatkan pemahaman di semua stake holder dan peran aktif Pemda terhadap program penaggulangan kemiskinan khususnya P2KP, dilakukan Lokakarya Orientasi P2KP tingkat Propinsi. Lokakarya tersebut diadakan di Propinsi Jawa Tengah pada tanggal 13 Oktober 2004 bertempat di Kantor Bappeda Propinsi Jawa Tengah.  Dari Pusat sebagai narasumber, hadir wakil dari Bappenas, Bangda dan Kimpraswil. Dari Kimpraswil yang hadir antara lain DirBintek Perkim Drs. Agus Djarot Hadikustanto, CES, Kepala PMU P2KP Ir. Danny Sutjiono, CES.

Acara diawali dengan Sambutan Kepala Bappeda Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Bp. Kunto Nugroho. Dalam sambutan yang disampaikan Kunto antara lain menyatakan bahwa Kemiskinan merupakan masalah pokok pembangunan di Jawa Tengah yang memerlukan perhatian seksama dalam penanganannya. Meskipun jumlah penduduk miskin dari tahun ke tahun mengalami penurunan, upaya penanggulangan kemiskinan perlu terus ditingkatkan, karena pada hakekatnya pelaksanaan pembangunan adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, ujar Kunto. Dari Lokakarya tersebut Kepala Bappeda berharap meningkatnya pemahaman yang utuh dari seluruh stake holder terhadap peran dan fungsi pemerintah baik di tingkat Propinsi maupun Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan program penanggulangan kemiskinan khususnya P2KP. Juga peran partisipasi aktif dengan sumbang saran yang berifat konstruktif guna mewujudkan sinergitas P2KP dengan program-program penanggulangan kemiskinan yang lain,

Dalam Lokakarya tersebut selain KPKD Propinsi Jateng dan Bappeda menyampaikan materi, Dinas-dinas juga berpartisipasi memaparkan visi dan program-program yang mendukung upaya-upaya penanggulangan kemiskinan, yang harapannya dapat disinergikan dengan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Dinas-dinas tersebut antara lain; Dinas Pelayanan Koperasi & UKM Propinsi, Dinas Kimtaru Propinsi, Dinas Kesehatan Propinsi, Dinas Kesejahteraan  Sosial Propinsi.

Dari hasil diskusi yang dilakukan setelah pemaparan materi, di rumuskan Draft kesepakatan sebagai berikut; Pertama, P2KP merupakan bagian yang terintegrasi dari Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah dan harus menyatu secara keseluruhan dengan program/proyek daerah.; Kedua, P2KP dilaksanakan dengan mengedepankan peran Pemerintah Daerah sejak awal, dan meliputi seluruh tahapan program, yaitu : perencanaan strategi implementasi, monitoring pelaksanaan dan evaluasi pencapaian, serta pembinaan pasca proyek.; ketiga, Perlu dikembangkannya satu forum pembelajaran untuk berbagi informasi sekaligus mengkaji program-program penanggulangan kemiskinan dan program pembangunan wilayah.; keempat, Terbangunnya komunitas pembelajaran yang merupakan jaringan dari para peduli (stakeholders) tingkat Propinsi, kota/kabupaten, baik dari unsur perangkat pemda maupun non-pemerintah.; kelima, KBP (Komunitas Belajar Perkotaan) beranggotakan Aparat Pemerintah, Dosen/Guru, Peneliti/Pengamat Sosial, Aktifis LSM, Tomas, Toga, Wartawan, Pelaku Sektor Bisnis yang dasarnya kerelawanan dan komitmen untuk berkontribusi membangun masyarakat dan Propinsi, kota/Kab.nya dengan dimotori oleh KPKD.; keenam, Pelatihan Dasar P2KP II Tahap 2 bagi Pemda Kota/Kab yang akan dilakukan setelah lokakarya ini akan digunakan sebagai awal penumbuhan (cikal-bakal) KBP.; ketujuh, Jadwal Pelaksanaan Kegiatan KBP.; kedelapan, Jadwal Induk Pelaksanaan P2KP II Tahap 2 (Tentatif).

Untuk Lokakarya serupa di Propinsi Jawa Barat telah dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2004, sedangkan di Propinsi Jawa Timur akan dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2004. Berita lengkap mengenai Lokakarya di kedua Propinsi tersebut akan di ketengahkan dalam berita berikutnya.

(Nita, sumber : notulensi)

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.