Beranda Warta Cerita Sense of Belonging Versi MCK Desa Dukuhturi

Sense of Belonging Versi MCK Desa Dukuhturi

Cerita Infrastruktur MCK Jawa Tengah Brebes Comments (0) View (225)

Awal tahun 2019 ketika penulis melakukan survey lokasi kegiatan pembangunan MCK di Desa Dukuhturi Kecamatan Bumaiyu serasa memasuki hutan belantara, karena kanan kiri jalan setapak menuju lokasi masih tumbuh dengan lebat pohon bambu dan rerumputan liar. Dulu siapapun warga yang mau ke lokasi tersebut harus ngajak teman karena lokasi nya terpencil di pinggir desa. Tapi beberapa hari lalu ketika melakukan monitoring ke KPP dalam memelihara sarana prasarana yang dibangun dari program KOTAKU jalan ke lokasi tersebut sudah bagus dan terang.


Pohon pohon besar dan rumpun bambu yang membuat gelap sekarang sudah ditebang . Lebih Surprise lagi, MCK yang dulu seperti rumah hantu sekarang sudah bagus dan masih terawat dengan baik oleh warga di RT-007 RW-006 Desa Dukuhturi Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Kegiatan monitoring dilakukan oleh Askot Mandiri Kabupaten Brebes, Askot Infrastruktur, Askot Safeguard, BKM, UPL, KSM dan KPP.

Kegiatan pembangunan MCK ini satu paket dengan pembangunan IPAL dan jaringan perpipaaan yang sumber dananya dari BPM Tahun Anggaran 2020. Pebangunannya dilaksanakan oleh KSM Sumringah diketuai oleh Samsul Maarif sekaligus sebagai Ketua KPP.

Sumber air dari mata air yang sepanjang tahun mengalir tidak pernah kering meski kemarau panjang. Topografi Desa Dukuhturi terletak di daerah perbukitan di mana sumber air bersih dan air minum diambil dari mata air di atas bukit. Keberadaan MCK itu memang sangat vital bagi 47 KK yang mendiami wilayah RT tersebut. Karena fungsinya yang sangat vital makanya rasa memiliki warga begitu besar sehingga mereka secara bersama sama dan sukarela membersihkan MCK secara rutin ketika sudah menggunakan. Sampai hari ini, kondisi MCK masih terpelihara dengan baik dan digunakan oleh warga untuk mandi, mencuci dan buang air.

Bangunan MCK terdiri dari tempat mencuci, 2 kamar mandi terpisah untuk laki-laki dan perempuan serta 2 kamar toilet laki-laki dan perempuan. Satu hal yang perlu ditambah adalah penyediaan sarana untuk disabilitas dan lansia. Pada awal pelaksanaan kegiatan lokasi ini pernah dikunjungi oleh Team Leader KMP 2 Djoko Subekti. Bapak Team Leader memberikan apresiasi kepada pelaksana kegiatan (KSM) yang melakukan pekerjaan pembangunan MCK, Septic tank dan jaringan perpipaan. Sebelum meneruskan monitoring ke lokasi berikutnya penulis meminta kepada BKM dan KPP untuk menyiapkan administrasi dengan baik dan tertib berupa buku kas, rencana kerja dan aturan bersama yang disepakati oleh warga.[Jateng]

Penulis: Tim Program Kotaku Kabupaten Brebes Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.