Beranda Warta Cerita KPP Sarabakang Bersatu, Motor Penggerak Kesadaran Warga

KPP Sarabakang Bersatu, Motor Penggerak Kesadaran Warga

Cerita Sulawesi Barat Polewali Mandar KPP BKM Comments (0) View (27)

Keberadaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara yang berfungsi dengan baik adalah sebuah bukti akan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya memanfaatkan dan memelihara sarana yang telah dibangun. Keberadaan KPP bertujuan menjadi motor penggerak kesadaran warga dalam memelihara sarana untuk memastikan keberlanjutan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada.

Demikian juga di Lingkungan Conggo Sarabakang Kelurahan Sulewatang, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Masyarakat di sana bertahun tahun telah hidup dalam kesulitan, utamanya dari segi akses jalan lingkungan yang tidak memadai dan tidak memiliki akses air minum aman yang memadai serta sebagian tidak terpenuhi kebutuhan minimalnya akan air minum. Menjadi satu dari 4 (empat) Kelurahan di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang memperoleh dana stimulan melalui Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) tahun 2019, BKM dan warga sepakat membentuk kelompok pemanfaat dan pemelihara yang diberi nama “KPP Sarabakang Bersatu” yang diketuai oleh Dominggus.

Sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai, para anggota “KPP Sabarakang Bersatu” telah aktif dalam setiap kegiatan sosialisasi, baik yang dilaksanakan oleh BKM maupun KSM. Selain membahas rencana teknis pelaksanaan kegiatan BPM, dibahas juga mengenai rencana pemanfaatan dan pemeliharaan dari kegiatan yang akan dibangun tersebut. Ini bertujuan agar warga telah memiliki kesadaran sejak awal mengenai pentingnya memanfaatkan sarana tersebut dengan baik dan memeliharanya agar memiliki umur pemakaian/pemanfaatan yang lebih lama.

KPP di bawah koordinasi BKM dan Lurah Sulewatang bersama warga khususnya penerima manfaat menyepakati aturan bersama mengenai pemanfaatan sarana yang akan dibangun, khususnya jalan dan air bersih. Salah satu aturan yang disepakati bersama adalah penerima manfaat air bersih diwajibkan membayar iuran untuk membiayai biaya operasional sumur bor yang menggunakan listrik serta sebagai dana simpanan yang akan dimanfaatkan jika sewaktu-waktu sarana tersebut mengalami kerusakan. Untuk sarana jalan, KPP bersama warga rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih setiap pekannya di hari Jumat agar jalan yang telah dibangun senantiasa bersih. Selain itu, dengan mengadakan kerja bakti, kerusakan sekecil apapun akan nampak dan bisa langsung ditangani sebelum berdampak negatif pada pengguna jalan tersebut.

“Sebelumnya beberapa warga di kampung kami kesulitan memperoleh air bersih yang cukup. Sekarang setelah adanya kegiatan dari Program Kotaku ini, air bersih bukan lagi menjadi persoalan dan warga kini lebih senang karena jalan-jalan di Lingkungan mereka pun menjadi lebih bagus” ujar pak Dominggus, ketua KPP Sarabakang Bersatu. Diapun berharap agar KPP dan warga tetap bisa bekerja sama dalam memelihara sarana yang telah dibangun tersebut sehingga Lingkungan Conggo Sarabakang tidak lagi kembali menjadi salah satu kampung kumuh. Karena memelihara itu lebih berat dibandingkan dengan membangunnya.[Sulbar]


Penulis: Islamuddin, Askot Safeguard Kabupaten Majene - Polewali Mandar
Program Kotaku Provinsi Sulawesi Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.