Beranda Pengaduan Lesson Learned PIM LKM Samaturu Alokasikan Hasil Laba Ekonomi Bergulir

LKM Samaturu Alokasikan Hasil Laba Ekonomi Bergulir

Lesson Learn PIM Sulawesi Barat Majene LKM Comments (0) View (291)

Pada Selasa (9/6) sore hari, seluruh anggota beserta jajaran Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Samaturu Desa Pamboborang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Barat didampingi Fasilitator Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) bersilaturahim ke dua tempat kediaman warga. Sedianya, mereka menyalurkan dana bantuan sosial yang ada di Kas BKM, hasil dari pemupukan alokasi laba kegiatan ekonomi bergulir yang diperoleh dari tutup buku UPK LKM di setiap tahunnya.

Penyalurkan dana bantuan sosial tersebut kali ini diperuntukkan kepada dua kepala rumah tangga yang sedang tertimpa musibah, sesuai pencatatan registrasi Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM) Program Kotaku nomor 000676010620, dan No PIM: 07/Pamboborang/VI/2020. Dana sebanyak Rp 3.123.000 diberikan ke warga bernama Amma Marda, korban musibah hunian yang tertimpa pohon besar yang berada di samping rumahnya. Kondisi rumah Amma Marda begitu memprihatinkan, atap dan dinding penyok serta ambruk ke tanah.

Amma Marda tidak memiliki pekerjaan tetap. Ia hanya seorang ibu rumah tangga, yang telah lama ditinggal mati suami tercinta. Amma Marda menanggung enam orang jiwa yang terdiri dari anak dan cucunya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, diperoleh dari nafkah menantunya yang bekerja sebagai petani kebun di Dusun Pamboborang Selatan, Desa Pamboborang.

Sementara satu kepala rumah tangga lainnya dengan domisili yang sama dengan Amma Marda mendapat bantuan dana sosial sebesar Rp 1.000.000. Pua Nurdin adalah korban musibah kebakaran. Bantuan dana sosial diberikan karena kondisi rumah Pua saat ini telah rata dengan tanah akibat terbakar yang belum diketahui penyebabnya. Pua Nurdin selama ini mendiami rumahnya ditemani dengan seorang istri dan lima orang anak. Mereka tergolong keluarga yang kurang mampu, yang menggantungkan hidupnya pada hasil kebun yang dimiliki.

Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan atau membudaya bagi LKM Samaturu Desa Pamboborang, disetiap saat bilamana ada warga yang sedang mengalami musibah seperti duka karena kematian, bencana begitupun permasalahan lainnya, LKM Samaturu tetap terdepan bersama dengan pemerintah desa setempat bahu-membahu membangun kepedulian terhadap sesama. Semoga niat dan semangat yang dimiliki LKM Samaturu Desa Pamboborang bernilai ibadah di sisi Tuhan yang Maha Esa, tetap diberikan berbagai kemampuan, dan kelancaran dalam menjalankan amanah warga.[Sulbar]


Penulis: Asnita, Fasilitator Kabupaten Majene
Program Kotaku Provinsi Sulawesi Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait