Beranda Warta Cerita Aksi Sulistia-Sulastri, Relawan Milenial BKM

Aksi Sulistia-Sulastri, Relawan Milenial BKM

Cerita Bangka Belitung Belitung Timur FGD Comments (0) View (158)

Semangat kerelawanan serta peran nyata Sulistia Ningsih dan Sulastri dalam memfasilitasi kegiatan pemberdayaan, menumbuhkan semangat dan aspirasi masyarakat mengikuti kegiatan Fokus Grup Diskusi (FGD) Penilaian Kelembagaan di Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Pengertian relawan menurut David G. Myers dalam buku Social Psychology yaitu orang yang memiliki hasrat untuk membantu sesama tanpa mengharapkan imbalan. Konsep ini lebih dikenal dengan penyebutan altruisme atau biasa kita sebut sebagai "ikhlas" dan "rela".

Di era milenial, transformasi sosial dan ekonomi saat ini begitu dinamis dan modern. Tentu tidak mudah menemukan relawan yang bersifat ikhlas dan rela peduli untuk membantu sesama tanpa imbalan. Bergabung dalam organisasi sosial melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat merupakan karakteristik relawan.

Sulistia Ningsih adalah koordinator BKM Bina Lestari, Desa Bentaian Jaya, Kecamatan Manggar dan Sulastri koordinator BKM Berage, Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Mereka dapat dikategorikan sebagai relawan, karena partisipasi dan peran nyata dalam memfasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Pada saat pendampingan pelaksanaan kegiatan fokus grup diskusi (FGD) penilaian kelembagaan Program Kotaku di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid 19, mereka dapat memfasilitasi pertemuan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Mereka komunikatif dan konstruktif menyampaikan permasalahan masyarakat tentang pencegahan kumuh yang ada di Desa Bentaian Jaya dan Desa Burung Mandi.

Masalah pengangkutan dan pengelolaan persampahan serta pemeliharaan kegiatan infrastruktur yang telah dibangun juga keberlangsungan pemanfaatannya dipaparkan dengan antusias. Pastinya, disertai ide dan gagasan agar dapat diakomodir dalam perencanaan pembangunan desa. Mereka juga dapat membangun komunikasi yang kondusif dengan relawan lainnya yang hadir pada pelaksanaan fokus grup diskusi saat itu.[Babel]

 

Penulis: Gentur Sugiansah, Fasilitator Sosial TF-10 Kabupaten Belitung Timur
Program Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.