Beranda Warta Berita Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Sungailiat Penuh Semangat

Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Sungailiat Penuh Semangat

Berita Bangka Belitung Bangka Sertifikasi Comments (0) View (230)

Kursi berjarak kurang lebih satu meter berjajar rapi menyambut para peserta pelatihan dan sertifikasi tukang kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat (PKM) Kelurahan Sungailiat, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya para peserta mencuci tangan, diukur suhu tubuh, dan mengisi daftar hadir. Selang beberapa menit kegiatan pelatihan pada Jumat, 7 Agustus 2020, yang terselenggara atas kerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang Kementerian PUPR ini pun dibuka oleh Lurah Kelurahan Sungailiat Firmansyah.

Dalam kata sambutannya Firmansyah menyampaikan bahwa di Kelurahan Sungailiat tahun ini terdapat dua kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yaitu Skala Kawasan dan dan Skala Lingkungan (BPM PPMK). Firmansyah bersyukur dengan adanya Program Kotaku menjadi satu solusi para warga yang ekonominya terpuruk karena pandemi covid-19. Sekarang warga tidak bisa bekerja karena terdampak covid-19 ikut bekerja dalam pembangunan infrastruktur sehingga besar harapannya dengan warga setempat yang bekerja, maka rasa kepemilikan untuk memanfaatkan dan memelihara infrastruktur menjadi lebih besar.

Dalam pembukaan pelatihan juga dilakukan penyerahan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju, sepatu, helm, sarung tangan, dan kacamata yang keseluruhan difasilitasi Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang. Seusai acara pembukaan, segera berlangsung acara pelatihan dan pembekalan tukang dengan narasumber Instruktur Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Setiawan. Pelatihan berlangsung dengan serius tapi juga santai dengan beberapa kali guyonan yang dilempar Edi ke peserta.

Materi yang disampaikan tentang penjelasan kegunaan APD, apa saja tahap pekerjaan persiapan yang harus dilakukan pekerja, serta cara menghitung kebutuhan material disampaikan dengan penuh keakraban sehingga peserta tak segan maju ke depan untuk menulis jawaban dari contoh soal di kertas plano yang tersedia. Pelatihan di Ruang Balai Kelurahan Sungailiat pun berakhir tepat pukul 12.00 WIB dan satu jam kemudian dilanjutkan dengan melakukan sertifikasi di lokasi infrastruktur BPM PPMK Tahun Anggaran 2020.

Panas terik tak menyurutkan semangat para peserta yang merupakan warga nelayan buat mengikuti proses sertifikasi tukang. Bertempat di Gang Rumpi, Kawasan Nelayan 1, proses sertifikasi dilakukan dengan cara praktik langsung dan wawancara. Bekerja dengan riang dan sesekali merasakan sejuknya embusan angin laut menambah semangat para peserta yang memang sebagian besar berprofesi sebagai tukang. "Pandemi covid-19 sangat berdampak dengan warga nelayan. Penghasilan berkurang dan pencaharian tidak menentu. Tetapi dengan adanya Program Kotaku ini sangat membantu kami sehingga bisa bekerja," ujar Sumiadi, peserta pelatihan dan sertifikasi.[Babel]


Penulis: Nurachmi Ayu Susanti, Tenaga Ahli Komunikasi OC-04
Program Kotaku Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.