Beranda Warta Cerita Sertifikasi Kepri Targetkan 200 Tenaga Ahli

Sertifikasi Kepri Targetkan 200 Tenaga Ahli

Cerita Kepulauan Riau BPPW Sertifikasi Tenaga Ahli Konstruksi Comments (0) View (434)

Setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikasi kompetensi kerja yang diperoleh dari uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi dan diregistrasi oleh menteri. Hal tersebut dilakukan untuk mengatisipasi kemungkinan kegagalan pembangunan, kegagalan konstruksi, serta menghindari terjadinya penyimpangan ke ranah hukum.

Hal ini dijelaskan oleh Koordinator Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Rita Zahara. Agar diketahui, Balai Jasa Wilayah 1 Banda Aceh membawahi lima provinsi, salah satunya Kepri.

Sementara itu, Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PU Penataan Ruang dan Pertanahan Provinsi Kepulauan Riau Wan Evrizal mengatakan, bagi para pekerja konstruksi di Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) memiliki kesempatan mengikuti sertifikasi tenaga kerja terampil dengan syarat memiliki keterampilan tertentu di bidang konstruksi.

Menurutnya, Kepri menargetkan 200 orang tenaga ahli. Namun sejauh ini, jumlah pendaftar yang mengikuti SIBIMA Konstruksi sebanyak 147 orang, terdari atas mahasiswa fresh graduate dan umum.

Dari jumlah tersebut, 113 orang lulus pelatihan dan mengikuti uji kompetensi sesuai bidang masing-masing--ahli muda K3 Konstruksi, ahli pengawas konstruksi bangunan gedung, dan ahli tata ruang wilayah dan kota--guna mendapatkan SKA Muda yang berlaku 1 tahun bagi mahasiswa dengan kelulusan kurang dari 1 tahun; dan berlaku 3 tahun bagi umum. Kegiatan pelatihan ini dibiayai APBD Provinsi Kepri dan APBN Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh.

"Sementara untuk sertifikasi tenaga kerja terampil, kami menargetkan 1.269 orang untuk vokasional tingkat SMK atau politeknik. Sedangkan bagi tenaga kerja terampil bidang konstruksi, kami menargetkan 1.800 orang. Semua biayanya dari APBN Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepri Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Albert Reinaldo berharap melalui kemitraan kegiatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, khususnya para pekerja di kegiatan infrastruktur padat karya memiliki daya saing tinggi dan andal dalam setiap pelaksanaan proyek pekerjaan konstruksi, serta mudah mendapatkan lapangan pekerjaan konstruksi ke depannya. Ia juga berharap pemda dapat memberikan pembinaan lanjutan kepada pada pekerja konstruksi. [Kepri]

Dokumentasi lainnya:

    



Penulis: Agus Kurniawan, TA Pelatihan OC Program Kotaku Provinsi Kepulauan Riau

Editor: Nina Razad

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.