Beranda Warta Cerita Desa Suka Marga: Kebersamaan Terbangun, Air Tercukupi

Desa Suka Marga: Kebersamaan Terbangun, Air Tercukupi

Cerita Bengkulu Rejang Lebong Comments (0) View (244)

“Walaupun masih seumur jagung tetapi jika tidak dilakukan penjagan dan pemeliharaan infratrukturnya maka akan cepat rusak“ begitu ucap Marahot selaku ketua KPP SEHAT 2 Desa Suka Marga, Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang lebong saat dilakukan gotong royong pengecatan kembali bangunan fasilitas air Minum yang merupakan bangunan yang dibangun oleh KSM (kelompok swadaya masyarkat) SEHAT 2 tahun 2019 lalu.

BKM Suka Maju Desa Suka Marga beserta Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) SEHAT 2 beserta aparat desa Suka marga bersama sama bahu membahu melakukan Kegiatan menjaga kualitas bangunan dengan cara melakukan pengecatan ulang pada tangl 17 Juni 2020 lalu, kegiatan ini bertujuan agar bangunan tetap terjaga dan terawat.

Fasilitas air bersih yang telah di bangun oleh program KOTAKU pada tahun 2019 lalu bermanfaat bagi warga dusun 1 desa suka marga setidaknya 39 Kepala keluarga dan 148 jiwa yang tinggal di wilayah tersebut, karena kualitas air minum mereka dalam hal ini Sumur warga berwarna dan berbaun sehingga tidak baik untuk di konsumsi.

Melalui dana BPM program KOTAKU senilai Rp. 237 868 300. dan swadaya masyarakat senilai Rp. 8.360.000 tahun 2019 lalu dibangun 1 unit fasilitas air bersih berupa Sumur Bor juga dilengkapi sarana gedung yang dimanfaatkan untuk pertemuan kelompok tani di wilayah tersebut. Melalui pembangunan infrastruktur air bersih ini, persoalan air bersih dapat terselesaikan.

Saat ini fasilitas air bersih dengan fasilitas gedungnya dimanfaatkan untuk pertemuan kelompok tani yang rutin di lakukan setiap 2 minggu sekali, selain itu untuk pemeliharaan dan biaya operasional air bersih dan gedung peneriman manfaat melalui KPP Sehat menyepakati beberpa hal diantaranya iuran rutin bulanan penerima manfaat, gotong royong rutin pemliharaan gedung bahkan anggota kelompok tani yang juga merupakan penerima manfaat air bersih membentuk arisan gapoktan dan biasa dilakukan di fasilitas air bersih tersebut pertemuannya. Masyarakat Suka Marga sangat merasa terbantu dengan adanya fasilitas air bersih ini semoga kedepan program pemerintah selalu menyetuh kebutuhan masyarakat secara langsung seperti ini.[Bengkulu]


Penulis: Kartini R., Tenaga Ahli Komunikasi dan Muhdi Hidayat, Fasilitator CD Rejang Lebong
Program Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.