Beranda Warta Cerita KPP Berkat Bersama Siap Bertransformasi

KPP Berkat Bersama Siap Bertransformasi

Cerita Nusa Tenggara Timur Kupang KPP Comments (0) View (375)

Melalui proses panjang dan berliku penetapan Kelurahan Oesapa Selatan sebagai wilayah yang masuk delineasi kumuh sejak tahun 2014, akhirnya warga boleh merasakan perubahan signifikan di wilayah mereka dengan intervensi program KOTAKU pada tahun 2017. Penanganan kumuh Skala Lingkungan ini menyentuh RT 01, 02 dan 03 dengan bantuan sebesar 500 juta dengan membangun sumur bor, drainase, jalan dan juga bantuan terkait persampahan.

Rasa syukur itu warga wujudkan melalui keaktifan lembaga pengelolaan Operasional dan Pemelihara (O&P) infrastruktur yaitu Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM ) sesuai infrastruktur yang dibangun KOTAKU. Perjalanan selama tiga tahun inipun tidak ada aral melintang, namun memasuki April tahun 2020, warga penerima manfaat pada kegiatan sumur bor mulai keluhkan macetnya air hingga pada Juli 2020, warga melaporkan kepada ketua RT dan Lurah Oesapa Selatan yang akhirnya sampai pada Fasilitator KOTAKU.

Penyelesaian masalah pun dilakukan dengan meninjau lokasi dan beberapa kali pertemuan bersama Lurah, BKM, KSM dan warga penerima manfaat yang di fasilitasi tim Korkot dan Sub CHU OSP 5 NTT. Dinamika pembahasan bersama warga ini cukup rumit dan diwarnai perdebatan.

Ketua KSM Merpati Oesapa Selatan pada Kegiatan Sumur Bor, Yeremias Dulabeng menyampaikan air dimatikan karena warga tidak membayar iuran. Dimana iuran tersebut digunakan untuk pembelian pulsa listrik. Sementara warga hanya mengeluhkan tapi melupakan tanggungjawab untuk membayar iuran sesuai kesepakatan awal, kata Yeremias.

Dari perdebatan ini, sebagian warga pun berkilah, sehingga berakhir pada revitalisasi Kelompok Pemelihara Pemanfaat ( KPP )sebagai titik tengah untuk membangun kesepakatan dengan aturan bersama kembali. Hal ini guna mengatur teknis pengelolaan infrastruktur yang telah dibangun tahun 2017 dengan berpedoman pada Prosedur Operasional Standar Operasional dan Pemeliharaan ( POS OP ) KOTAKU tahun 2019.

Revitalisasi KPP ini ditandai dengan penandatanganan SK Lurah pada keanggotaan KPP yang baru dan penambahan kesepakatan aturan bersama. KPP Berkat Bersama siap berubah menjadi lebih baik dan berkomitmen memenuhi kebutuhan air bagi warga, karena air sumber kehidupan. KPP ini merupakan gabungan 4 KSM yang sebelumnya dibentuk yaitu Garuda yang menangani jalan, Merpati pada air bersih, Pipit pada persampahan dan Nuri pada drainase.[NTT]


Penulis: Abdul Syukur, Sub CHU OSP 5
Program Kotaku Provinsi Nusa Tenggara Timur

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.