Beranda Warta Berita Bersatu Tangani COVID-19 Bersama BKM Bersatu

Bersatu Tangani COVID-19 Bersama BKM Bersatu

Berita Jawa Tengah Batang BKM Covid-19 Comments (0) View (238)

Tahun 2020 ini merupakan tahun musibah yang dialami oleh hampir seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia dikarenakan adanya pandemi wabah COVID-19. Berbagai upaya dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk menanggulangi dan meminimalisir penyebaran virus korona yang sudah menginfeksi hampir 3 juta penduduk di 106 negara, termasuk Indonesia.

Kabupaten Batang yang berlokasi di wilayah pantura dimana terdapat perusahan internasional yang masih beroperasi, yakni PLTU merupakan salah satu daerah yang rawan penyebaran virus covid 19 dan saat ini termasuk zona merah penyebaran COVID-19.
Pencegahan terhadap pandemi COVID-19 sudah barang tentu membutuhkan dana yang cukup besar dan diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, sehingga selain dana yang bersumber dari APBN dan APBD tentu dana lain baik dari CSR, dana sosial atau sumbangan masyarakat sangat dibutuhkan, baik untuk pencegahan, pengobatan atau penanganan dampak sosial dan ekonomi yang sangat menggoncang hampir semua sendi kehidupan masyarakat.

Sebagai tindak lanjut untuk membantu mengatasi permasalahan penyebaran tersebut maka “BKM Bersatu” Desa Pejambon Kabupaten Batang berinisiatif memberikan bantuan kepada masyarakat dengan dana sebesar 3 juta rupiah yang diambilkan dari akumulasi dana sosial dari laba UPK yang belum dibagi. “Tahun 2019 UPK mendapat laba kurang lebih 4 juta, sebagian laba UPK tersebut dialokasikan untuk dana sosial, Lingkungan, BOP dan Pemupukan Modal. Dana 3 juta merupakan alokasi dana sosial selama beberapa tahun.” kata Umamah, pengurus UPK BKM Bersatu ketika menjelaskan sumber dana waktu meminta rekomendasi pencairan dana di kantor Askot Mandiri KOTAKU Kabupaten Batang.

“Kami sangat mendukung inisiatif “BKM Bersatu” memberikan bantuan penanganan covid-19 di desa Pejambon, karena permasalah ini harus ditangani Bersama oleh seluruh unsur masyarakat dan keberadaan BKM harus tetap eksis di tengah masyarakat walau sudah beberapa tahun sebagian BKM Bersatu tidak mendapat BPM atau BLM tapi masih bisa memberikan kontibusinya. Yang penting kegiatan tersebut harus sudah disepakati oleh rapat BKM dan UP dalam rangka untuk transparansi kegiatan BKM” kata Thomas Puguh Gunawan, SH selaku Askot Mandiri Kabupaten Batang kepada UPK.

Adapun bantuan yang diberikan oleh BKM berupa, thermometer tembak dan bahan disinfektan seperti wipol, super pel dan bayclin sebesar Rp 1.758.000,- diserahkan langsung oleh koordinator BKM Bersatu Slamet Riyadi kepada Lurah Desa Pejambon, Sopyan yang dilakukan di balai desa Pejambon dengan disaksikan oleh sebagian anggota BKM dan perangkat desa. Sedangkan untuk sisa dana sebesar Rp 1.242.000,- digunakan untuk pembelian material, seperti paku, kayu, plastik serta biaya pembuatan bilik ruang penyemprotan warga ODP yang mempunyai panjang/lebar 1,5 meter dan tinggi 2 meter.[Jateng]


Penulis: Gentur Triatmaji, Fasilitator Kelurahan Kabupaten Batang

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.