Beranda Warta Cerita Laba UPK BKM Bantu Warga Terdampak COVID-19

Laba UPK BKM Bantu Warga Terdampak COVID-19

Cerita Jawa Tengah Kudus UPK BKM Covid-19 Comments (0) View (266)

Di masa seperti ini perlu adanya kepedulian sosial terhadap sesama manusia, mengingat situasi sekarang ini banyak warga “miskin baru” muncul, karena keterbatasan akses terutama dalam bidang perekonomian rumah tangga yang disebabkan pandemi COVID-19. Untuk itu perlu dilakukan upaya pemutusan agar bisa mengurangi penyebarannya. Dan dampak ini sangat terasa di Desa Kedungsari karena banyak warga yang kembali dari rantau lantaran akses kerja yang berkurang.

Untuk memberi keringanan warga masyarakat atas beban kehidupan karena berkurangnya penghasilan, khususnya di Desa Kedungsari Kabupaten Kudus, maka BKM Arum Manis melakukan kegiatan bakti sosial untuk membagikan sembako kepada warga yang terkena dampak pandemi COVID-19. Sebagaimana disampaikan oleh Koordinator BKM Arum Manis, “bapak ibu yang saya hormati acara kali ini yaitu bantuan sosial berupa pembagian beras dan masker merupakan salah satu dari kegiatan sosial hasil realisasi keuntungan laba UPK-BKM atau pinjaman bergulir yang ada di BKM Arum Manis, dan sesuai kesepakatan di anggaran rumah tangga BKM ada alokasi dana sosialnya”.

Sebelumnya BKM mulai rapat untuk melakukan pendataan dan strategi dalam pembagian sembako supaya tepat sasaran. Sebagaimana kriteria utama sasaran sesuai yang disepakati adalah warga yang terdampak dari masa pandemi corona ini seperti warga miskin, lansia dan atau warga yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dirumahkan atau pengangguran karena usaha kecilnya berhenti.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada beberapa waktu lampau oleh KSM Peduli COVID-19 yang diketuai oleh pak Karsidi. Berdasarkan informasi dari mas Ali selaku sekretaris BKM bahwa kegiatan ini dilakukan serentak di rumah masing-masing anggota BKM di masing-masing RW. Kebetulan di Desa Kedungsari ada 10 RW, sedangkan untuk jadwalnya dilakukan secara berurutan.

Adapun alokasi dana keseluruhan sebesar Rp 17.400.000 sasaran penerima manfaat sekitar 300 KK. Dana tersebut dialokasikan dalam bentuk 300 paket sembako yang dibagikan pada masing-masing RW.

Pembagian sembako serentak tetapi beda jam ini dilakukan supaya tidak terjadi penumpukan massa sesuai protokol pemerintah untuk tidak berkumpul dalam jumlah besar. Dalam proses penerimaan sembako yang berisi beras dan masker ini alhamdulilah berjalan lancar. Ada beberapa penerima manfaat yang langsung mengucapkan terima kasih kepada BKM dan KSM di tempat, karena membantu mereka dalam menghadapi kondisi saat ini yang dirasa cukup berat.[Jateng]

 

Penulis: Eny Pujiastuti, Fasilitator Sosial Kabupaten Kudus
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.