Beranda Warta Cerita BKM Krapyak Sumbang Warga Terdampak COVID-19

BKM Krapyak Sumbang Warga Terdampak COVID-19

Cerita Jawa Tengah Pekalongan BKM Krapyak Comments (0) View (182)

Pandemi Covid-19 saat ini benar benar telah membuat kondisi ekonomi masyarakat memprihatinkan dan meresahkan, BKM Sukses ikhlas Kelurahan Krapyak mencoba membantu meringankan beban masyarakat dengan mengadakan Bakti Sosial. Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan beberapa waktu lampau dengan memberikan bantuan berupa beras sebanyak dua kilogram kepada 683 penerima manfaat. Adapun sumber dana pemberian bantuan ini berasal dari hasil laba Unit Pengelola Keuangan BKM untuk alokasi sosial dengan nilai dana sebesar Rp 14.500.000.

Kegiatan peduli pencegahan dampak Corona ini sebenarnya sudah dimulai dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat akan perlunya hidup sehat dengan sering cuci tangan, pakai masker bila keluar rumah dan makan makan yang bergizi. Kegiatan ini melibatkan relawan-relawan kelurahan lebih khusus adalah anggota BKM, UPK, dan UP-UP BKM serta RT dan RW.

Sebelum pelaksanaan bakti sosial data terkait penerima manfaat merupakan usulan dari RT/RW setempat dengan terlebih dahulu mengumpulkan KK yang bersangkutan (calon penerima bantuan). Pembagian bantuan ini dilaksanakan dengan langsung mendatangi rumah penerima manfaat secara door to door. Bantuan ini diharapkan dapat sedikit membantu mengurangi beban warga masyarakat akibat pandemi covid -19. "Terima kasih. Matur nuwun sudah memberikan bantuan, ini sangat membantu," ungkap warga yang mendapat bantuan.

Menurut Koordinator BKM Sukses Ikhlas Kelurahan Krapyak Abdus Shomad mengatakan bahwa akibat adanya pendemi corona ini kondisi perekonomian masyarakat sangat terdampak sekali, oleh karena itu BKM yang notabene milik masyarakat harus ambil bagian dalam rangka pencegahan dampak corona ini. "Dengan mengalokasi laba UPK untuk pembelian beras yang dibagikan ke warga, inilah bentuk kepedulian BKM Sukses ikhlas, meskipun tidak seberapa," tandasnya.[Jateng]


Penulis: Dwi Ambon Supriyadi, Asisten Kota KK Kota Pekalongan
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.