Beranda Warta Cerita Berbenah Lingkungan Permukiman Melalui Dana APBD

Berbenah Lingkungan Permukiman Melalui Dana APBD

Cerita Jawa Barat Sukabumi MP2K Comments (0) View (193)

Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi merupakan desa yang berada di daerah lereng Gunung Walat dan dikelilingi oleh tiga sungai yang bersumber dari Gununggede Pangrango. Sebagian besar wilayah Desa Karangtengah adalah lahan Pertanian, hutan, pemukiman dengan batas sebelah Utara Sungai Cijaling dan Cikahuripan, sebelah Selatan Sungai Cimahi, sebagai batas wilayah Desa Karangtengah. Berdasarkan SK kumuh Bupati Nomor : 640/KEP492-DPKP/2020, Desa Karangtengah masuk dalam lokasi kumuh dengan luas kumuh 19,06 hektar dengan status kekumuhan masuk kedalam kumuh ringan (nilai 29).

Pada tahun 2020, Kabupaten Sukabumi memfasilitasi penanganan kumuh di Desa Karangtengah dengan memanfaatkan APBD Tahun Anggaran 2020 senilai Rp. 250.000.000 dan mereplikasi mekanisme Program KOTAKU. Dana APBD ini dimanfaatkan untuk penanganan kumuh di wilayah RT 04 RW 10 dengan luas 1 Hektar. Berdasarkan hasil review data Baseline Tahun 2020 lokasi RT 04 RW 10 memiliki permasalahan terbesar diantaranya persampahan dan jalan lingkungan, sehingga pembangunan di wilayah tersebut difokuskan pada Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) 1 unit ukuran 2 x 4 m², gerobak sampah 3 unit dan jalan lingkungan yang menggunakan kontruksi rabat beton, adapun rinciannya lebar jalan 2 meter sepanjang 130 meter dan lebar jalan 1,5 meter sepanjang 250 meter.

Menurut Nani Iriani, koordinator BKM Anugrah Sejahtera, Mekanisme pencairan dana APBD ini dilakukan dengan 2 kali pencairan yaitu 70% dan 30%. Pada saat ini baru dapat dicairkan tahap 1 sebesar 70% setelah BKM menyerahkan Proposal, DED, RAB dan pemberkasan pencairan tahap 1. Nani Iriani menambahkan bahwa sebelum kegiatan pembangunan dilaksanakan maka warga melakukan Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan (MP2K) yang dihadiri oleh Kelompok Swadaya Masyarakat dan Warga sekitar 30 orang.

Nani Iriani menyampaikan jika kegiatan infrastruktur di RT 04 RW 10 selesai dilaksanakan maka wilayah tersebut sudah dapat dipastikan akan keluar dari kumuh (0 hektar) kumuh. “Satu persatu kita benahi lingkungan di desa Karangtengah ini” imbuh Nani Iriani.[Jabar]


Penulis: Elsa Nurul Asikin, Fasilitator Sosial Kabupaten Sukabumi
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.