Beranda Warta Cerita Aksi Kolaborasi Iringi Pelaksanaan Padat Karya Kotaku Nganjuk

Aksi Kolaborasi Iringi Pelaksanaan Padat Karya Kotaku Nganjuk

Cerita Jawa Timur Nganjuk Infrastruktur Kolaborasi Padat Karya 2020 Comments (0) View (18)

Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) ternyata tak mengurangi semangat bergotong royong dan berkolaborasi dari semua pihak. Salah satunya bisa dilihat dalam kegiatan Padat Karya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2020 di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Komando Rayon Militer (Koramil) Kertosono menyingsingkan lengan baju, turut membantu para pekerja dalam kegiatan infrastruktur berupa jalan paving dan drainase U-Ditch.

Bermula dari inisiatif salah satu anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Kertosono yang bertanya-tanya soal Program Kotaku kepada tim pendamping Kelurahan Banaran, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Ia bahkan menawarkan diri akan berkoordinasi dengan personel lainnya, jika memang ada kekurangan tenaga.

Ketika pekerjaan jalan dan drainase U-ditch di Kelurahan Banaran mulai dilakukan, sekitar 6-7 personel Babinsa Koramil juga turun tangan secara sukarela. Mereka bergotong royong bersama 60 tenaga kerja yang terlibat dalam kegiatan padat karya di Kelurahan Banaran ini. Meski bantuan tersebut hanya satu hari, tapi aksi tersebut menunjukkan perhatian dari pihak luar terhadap kegiatan masyarakat melalui Program Kotaku masihlah kuat.

Hingga kini pelaksanaan kegiatan infrastruktur di Kelurahan Banaran masih berjalan. Sejauh ini jumlah hari orang kerja (HOK) pekerjaan jalan paving dan drainase adalah sebanyak 1.337 HOK. Semua pekerjaan dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19. Antara lain, para pekerja wajib mengenakan alat pelindung diri (APD) sebagai keamanan (safety). Selain itu suhu tubuh mereka juga diperiksa secara berkala, memastikan tidak ada pekerja yang sakit kala melakukan pekerjaan. Hal ini dilakukan demi mengurangi resiko tertular maupun menularkan wabah Covid-19. [Jatim-Redaksi]

    

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.