Beranda Warta Cerita BKM Makmur Barokah [Sempat] Berbagi Masker-Sembako

BKM Makmur Barokah [Sempat] Berbagi Masker-Sembako

Cerita Jawa Tengah Demak BKM COVID-19 Comments (0) View (146)

Seiring merebaknya informasi tentang wabah Virus Covid-19 di penjuru dunia, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Makmur Barokah Desa Kedondong Kecamatan Demak, Kabupaten Demak bergegas mengadakan rapat bersama membahas langkah-langkah riil yang perlu ditempuh untuk menghambat penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah desanya.

Rasa persaudaraan yang begitu tinggi dan solid di lingkungan Desa Kedondong dengan di komandani BKM Makmur Barokah telah melakukan kegiatan sosial dengan membagikan sembako dan masker untuk warganya. Kegiatan ini didanai dari hasil alokasi laba UPK sebesar Rp. 8.000.000 dengan penerima manfaat lebih kurang 500 orang.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Kedondong yang sekarang ini banyak warga terkena dampak dari pandemik Covid-19. Banyaknya warga yang dirumahkan dan tidak bekerja sehingga tidak mendapatkan pendapatan untuk biaya hidup. Dengan memberikan sembako bisa mengurangi sedikit beban warga khususnya warga miskin. Sedangkan dengan memberikan masker kepada warga bertujuan untuk menghambat terjadinya penularan virus Covid-19.

Kegiatan pembagian sembako dan masker di Desa Kedondong dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 28 April 2020. Pembagian dilaksanakan secara simbolis di Balai Desa Kedondong yang selanjutnya di berikan langsung ke warga masyarakat dengan dibantu ketua RT/RW. Bentuk kegiatan seperti merupakan kegiatan yang sangat memberikan manfaat untuk warga.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti bahwa kepedulian dan kerjasama antara Pemerintah Desa dan kelembagaan BKM di Desa Kedondong terhadap penyelesaian masalah kemanusiaan yang sekarang ini sedang melanda di dunia khususnya di negara kita yang masyarakatnya masih rentan dan masih tumbuh dan berkembang. BKM tidak semata-mata menangani masalah kegiatan pinjaman bergulir atau kegiatan infrastruktur, akan tetapi juga peka terhadap kegiatan sosial yang rasa solidaritas warga masyarakat masih tinggi yang saat ini sedang “melawan” pandemi wabah Virus Covid-19. Semoga langkah dan kontribusi nyata BKM Makmur Barokah Desa Kedondong Kecamatan Demak Kabupaten Demak ini bisa menjadi stimulus bagi BKM lain dan wabah Vuris Covid-19 segera berakhir.[Jateng]


Penulis: Elok Fazriana, Fasilitator Kelurahan Sosial Kabupaten Demak
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.