Beranda Warta Cerita KPP Bae, Pemanfaat Apa Adanya

KPP Bae, Pemanfaat Apa Adanya

Cerita Jawa Tengah Kudus KPP Taman Comments (0) View (111)

Kelompok Pemanfaat Pemelihara (KPP) Sendang Indah merupakan bagian dari KPP tingkat Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus yang mempunyai tugas mengelola dan merawat hasil dari kegiatan BPM 2019 yaitu Jalan, Drainase dan Taman. Pada prinsipnya KPP di Desa Bae untuk tugas teknisnya membentuk unit perwilayah terkecil misalkan RT yang pada tahun 2019 mendapat dana BPM 2019. Struktur tersebut untuk mempermudah proses pemeliharaan di tingkat basis agar stakeholder ditingkat basis yang ada kegiatan BPM bisa ikut terlibat seperti, RT, RW, BKM, UP dan BPD.

Pada Best Practice menyajikan informasi seputar kegiatan KPP Sendang Indah di RT006-RW004, tepatnya di Dukuh Karangsampung Desa Bae, kenapa demikinan, karena KPP Sendang Indah khususnya di RT006-RW004 memiliki bangunan atau kegiatan yang pemanfaatnya dari semua kalangan yang setiap hari dimanfaatkan dan menjadi ikon diwilayah itu, yaitu Ruangan terbuka yang menyatu dengan kegiatan jalan Paving.

Menurut Munadi selaku penanggung Jawab sekaligus ketua RT, adanya Taman Sendang Indah bisa membawa dampak positif bagi warga sekitar, khususnya anak-anak dimana sebelumnya ruang untuk bermain sangat terbatas, namun sekarang tidak. Kekhawatiran orang tua ketika anak-anaknya dulu bermain di jalan sekarang sudah berkurang.

Meskipun posisi taman menyatu dengan jalan lingkungan berupa jalan paving, namun aksesnya dibatasi khususnya di sore hari ketika anak-anak sedang bermain, tambah Munadi.

Taman Sendang Indah masuk di wilayah RT006-RW004 Desa Bae, tepatnya di Dukuh Kambangan, taman tersebut bagian dari kegiatan BPM 2019, yang menarik menurut Toto Sukarno selaku ketua RW 006, lokasi taman dan jalan paving beserta saluran drainase merupakan lahan pribadi namun sudah diserahkan warga pemilik untuk sarpras umum masyarakat. Khusus untuk Taman memang ada perjanjian tersendiri dengan pemilik menggunakan lahan minimal 8 tahun bisa lebih, tambah Toto.

KPP Sendang Indah khususnya lokasi Taman sungguh bekerja keras dibanding kegiatan lainnya seperti saluran drainase, hal ini aktifitas warga yang menggunakan cukup sering, terutama menjaga Taman agar tetap nyaman digunakan.

Seperti yang diungkapkan Munadi, KPP berusaha mengkondisikan warga sekitar untuk berpartisipasi merawat, minimal tidak membuang sampah sembarang dan secara berkala ada kegiatan bersih-bersih dan perbaikan di lokasi Taman dan sekitarnya.[Jateng]

 

Penulis: Muhammad Nur Hatta, Fasilitator Teknik Kabupaten Kudus
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.