Beranda Warta Cerita BKM Mina Makmur Inisiasi Penyemprotan Disinfektan Massal

BKM Mina Makmur Inisiasi Penyemprotan Disinfektan Massal

Cerita Jawa Tengah Kendal Covid-19 Comments (0) View (138)

Tren kenaikan kasus warga yang terjangkit Corona sebagaimana yang setiap hari disampaikan oleh Tim Satgas penanggulangan Covid-19 di televisi tentunya cukup mengkhawatirkan bagi masyarakat. Berbagai upaya untuk mencegah meluasnya pandemi Virus Corona ini sudah semestinya lebih aktif lagi untuk dilakukan. Disamping melakukan imbauan untuk tetap di rumah dan hanya keluar jika tidak penting serta selalu menggunakan masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman 1,5 meter, warga kelurahan Bandengan dengan dimotori BKM Mina Makmur dan pemerintah Kelurahan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak melakukan kegiatan penyemprotan dengan disinfektan.

Salah satu relawan di kelurahan Bandengan, H. Basuki menyambut baik niat BKM ini dengan memberikan dukungan berupa bahan dan alat penyemprotan disinfektan sedangkan tenaga penyemprotan dilakukan oleh relawan. Kegiatan tahap awal ini dilakukan beberapa waktu lampau di lingkungan permukiman RT 003-RW003 dan RT 001-RW004 serta fasilitas publik yang ada seperti masjid dan musholla serta fasum yang lain. Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh warga dan mereka berharap kegiatan tersebut dapat secara rutin dilaksanakan agar pencegahan virus COVID-19 ini dapat berjalan lebih efektif.

Program KOTAKU selama masa pandemic Covid-19 turut aktif mendorong peran BKM dan relawan untuk berpartisipasi aktif dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan satgas yang ditunjuk untuk menggalang kepedulian dan kesadaran warga agar mentaati anjuran pemerintah agar dapat memutus mata rantai persebaran wabah virus yang berbahaya ini. Berbagai media baik melalui banner/spanduk himbauan dan informasi tentang PHBS ditebarkan berbagai tempat strategis agar lebih banyak masyarakat mengetahui informasi dan teredukasi. Harapannya agar wabah ini segera berlalu dan masyarakat kelurahan Bandengan pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya dapat beraktifitas sehari-hari seperti semula dan menjalankan ibadah dengan tenang dan aman.

Salah satu relawan bapak Moh. Zamroni berharap dengan situasi pandemi ini, warga Bandengan meningkat kesadarannya tentang pentingnya pola hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sehingga pandangan bahwa lokasi pesisir identik dengan kekumuhan dapat perlahan dihilangkan. Semoga.[Jateng]

 

Penulis: Wudi Suwasono, Fasilitator Teknik
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.