Beranda Warta Cerita BKM Naratas Persiapkan Pendataan Kumuh Lokasi Baru

BKM Naratas Persiapkan Pendataan Kumuh Lokasi Baru

Cerita Jawa Barat Bandung TIPP Survey Kolaborasi Comments (0) View (235)

Setelah terbentuknya BKM NARATAS BAGJA Desa Cicalengka Wetan Kabupaten Bandung pada tanggal 30 Juni 2020, maka seluruh anggota BKM yang berjumlah sembilan orang langsung bergerak cepat dengan melakukan rapat koordinasi persiapan pendataan kumuh. Bertempat di Aula Desa Cicalengka Wetan dan menghadirkan perwakilan masyarakat dari unsur Perangkat Desa, RT, RW, BPD, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Penggerak PKK, dan Karang Taruna, berjumlah 17 orang.

Kesepakatan yang dihasilkan dari rapat koordinasi tersebut diantaranya adalah terbentuknya Tim Perencanaan Partisipatif (TIPP), langkah dan timeline pelaksanaan pendataan kumuh di lokasi terduga kumuh yaitu (RT 01 - 05 / RW 08).

Langkah demi langkah pendataan kumuh dilakukan oleh TIPP dan dimotori oleh BKM dengan membentuk penanggungjawab kegiatan pendataan setiap RT dengan harapan semua data dapat berjalan dengan efektif dan efisien dan terdokumentasikan dengan baik.

Gunawan Suhandi, koordinator BKM Naratas Bagja menyampaikan bahwa pendataan kumuh ini dibutuhkan untuk mendapatkan data kekumuhan di lingkungan, identifikasi kebutuhan masyarakat dalam penanganan kumuh dan menentukan prioritas penanganan kumuh.

Nanang Sutrisna, Kepala Desa Cicalengka Wetan, menambahkan dari hasil pendataan kumuh yang telah dilaksanakan bahwa prioritas yang harus ditangani adalah sesuai dengan kondisi kemendesakan dan sangat dibutuhkan warga masyarakat serta harus segera dilakukan penanganannya adalah pembuatan sumur bor dan drainase.

"Alhamdulillah serangkaian tahapan dalam kegiatan terlewati dan bisa diatasi. Tentu masih ada kekurangan, yang Insya Allah kami jadikan sebagai bahan motivasi dan perbaikan di waktu ke depan".[Jabar]


Penulis: Andri Yusuf, Fasilitator Sosial Kabupaten Bandung
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.