Beranda Warta Cerita Ini, Cerita ala BKM Gunung Batu Bogor

Ini, Cerita ala BKM Gunung Batu Bogor

Cerita Jawa Barat Bogor BKM Comments (0) View (322)

Sambil duduk santai, saya ngobrol ringan dengan para penggerak kegiatan Kotaku di Kelurahan Gunung Batu Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, salah satunya Latif saapaan akrabnya, lengkapnya Usmalatif, obrolan coba saya buka sedikit candaan: “pak sejak kapan disini? beliau jawab: “barusan kang , katanya, saya sapa lagi “kapan mau pulang, he he... “ngusir nih ceritanya, kata beliau sambil tertawa juga, padahal yang menjadi tamu adalah saya..

Obrolan pun berlanjut, saya coba tanya tentang pengalaman beliau dalam program Kotaku terutama di Kelurahan Gunungbatu, Latif ini berkiprah di sejak tahun 2010, dulu beliau menjadi sekretariat BKM (BKM Giri Mulya), kemudian menjadi anggota BKM dan pada pemilu BKM terakhir tahun 2019 beliau terpilih menjadi koordinator BKM, jumlah anggota BKM terdiri dari 11 orang, 9 orang laki laki dan 2 orang perempuan, semua aktif dan berperan dan rata-rata yang terpilih menjadi anggota BKM ini merupakan ketua RW. Pembagian tugas dari anggota BKM adalah 5 orang berperan mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan infrastruktur, 3 orang membawahi kegiatan Sosial dan 3 orang lagi bertugas mengelola kegitan ekonomi.

Pada tahun 2020 kelurahan Gunung Batu merupakan salah satu kelurahan dari 12 kelurahan di kota Bogor yang akan melaksanakan kegiatan BPM. Ketika coba digali lebih dalam lagi, hal pertama yang mereka lakukan setelah mendapatkan informasi, Latif bersama anggota BKM lainnya langsung berkoordinasi membangun sinergi dengan kelurahan lurah dan berbagai pihak berkepentingan, kemudian ditindaklanjuti dengan sosialisasi kepada berbagai pihak terutama masyarakat yang yang berada di lokasi SK yakni RW 01, 02 dan RW 05 kelurahan Gunung Batu, melakukan survey RW 06 dan RW 05 mengidentifikasi kegiatan dilokasi terpilih sesuai dengan yang tercantum dalam RPLP, dan dihasilkan kegiatan yang utama adalah fokus menyelesaikan permaslahan genangan air yakni kegiatan drainase kurang lebih sekitar 920 meter meliputi Wilayah RW 01, 02 dan 05, dengan jumlah pemanfaatnya kurang lebih sekitar 150 KK, dan kegiatan lainnya adalah Jalan Paving, MCK dan RTH (ruang terbuka hijau). Saat ini seluruh tahapan kegiatan perencanaan sudah selesai di lakukan dan akan segera dilakukan pelaksanaan infrastruknya menunggu proses rekomendasi dari pihak Korkot Kotaku.

Dengan telaksananya kegiatan BPM, mudah-mudahan hasilnya bagus berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, bisa mengurangi genangan-genangan air sehingga terhindar dari banjir dan mengurangi serangga-serangga, adanya sarana bermain anak-anak yang nyaman, jalan menjadi indah, kebersihan tampak nyata dan masyarakat pun mau menjaganya, ungkap pak Latif di akhir obrolan tentang Kotaku ini.[Jabar]

 

Penulis: Cecep Fatulah
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.