Beranda Warta Cerita Bertandang ke Lokasi BPM Sungai Jawi Luar

Bertandang ke Lokasi BPM Sungai Jawi Luar

Cerita Kalimantan Barat Pontianak Pokja PKP Kolaborasi Comments (0) View (60)

Sungai Jawi Luar adalah sebuah nama kelurahan di wilayah Pontianak Barat, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kelurahan ini memiliki luas wilayah sebesar 702 ha dengan jumlah penduduk pada pria sebanyak 22.783 jiwa dan penduduk wanita sebanyak 23.095 jiwa pada tahun 2019 Sungai Jawi ini dikenal sebagai kelurahan yang memiliki pemberdayaan masyarakat yang tinggi ini terbukti pada tahun 2019 terpilih sebagai kelurahan yang mewakili Kota Pontianak untuk mengikuti lomba kelurahan Tingkat Provinsi sebuah pilihan yang tepat karena proses penataan masyarakat yang sudah terbina dengan baik dilihat dari kegotong royongan, penghijauan, penanganan Kesehatan, dan Pendidikan yang dikerjakan secara kolaborasi antara pihak kelurahan, PKK,RW/RT, dan Lembaga local yang ada dan inilah yang menjadi kekuatan di kelurahan Sungai Jawi Luar terlebih di saat pandemi Covid-19 makin menunjukkan solidaritas.

Modal sosial yang telah dibangun tersebut membuka pintu kemudahan bagi program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dalam melakukan sosialisasi dan interaksi kepada khalayak agar turut berpartisipasi dalam proses kegiatan kotaku, dan gayung pun bersambut dengan adanya dukungan dari pihak kelurahan, Lembaga yang ada, PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, RT/RW dan warga masyarakat lainnya.

Kelurahan sungai Jawi Luar Tahun 2020 mendapatkan alokasi BPM Rp. 1000.000.000 yang dialokasikan untuk kegiatan : jalan beton dengan Panjang 269 meter lokasi Gg. Kayu Manis 1 RT005-RW018, drainase lingkungan 591 meter di Gg. Kayu Manis 1 RT005-RW018, dan Drainase lingkungan 59 meter di Gg. Kayu Manis 1 RT005-RW018 status sekarang sedang dalam proses pengerjaan.

Untuk mendapatkan informasi atas hasil pengerjaan padat karya BPM 2020 maka Pemkot Kota Pontianak sebagai nakhoda pada program KOTAKU mempunyai kewajiban untuk menjalankan fungsinya sebagai pengendali program, dan Kelurahan Sungai Jawi Luar dipilih sebagai lokasi monitoring Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pontianak sekaligus sebagai POKJA PKP monitor langsung lapangan untuk mengetahui perkembangan pengerjaan padat karya, dan alhasil dari proses monitoring justru menambah keyakinan bagi POKJA PKP terhadap pelaksanaan padat karya dari aspek pengawalan kualitas pelaksanaan, serta target waktu penyelesaian dan pokja berharap semua unsur masyarakat turut serta mengawasi pelaksanaan infrastruktur yang sedang dibangun.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut mendampingi pokja PKP TIM Korkot Kota Pontianak, Fasilitator , BKM/LKM Sungai Jawi Luar, dan KSM. Pokja berharap dengan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan dan drainase wilayah ini terbebas dari banjir, semakin mempermudah akses bagi warga masyarakat dalam melakukan aktifitas keseharian, dan yang pasti tidak kumuh karena itu penting masyarakat untuk menjaga, memelihara, dan merawat kualitas hasil kegiatan ini secara swadaya.[Kalbar]


Penulis: Ajang, Askot Kelembagaan & Kolaborasi
Program Kotaku Provinsi Kalimantan Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.