Beranda Warta Cerita Sehat Sejahtera di Kampil Berkat Sampah

Sehat Sejahtera di Kampil Berkat Sampah

Cerita Jawa Tengah Pekalongan Sampah Comments (0) View (86)

Berbicara tentang merawat dan memelihara infrastruktur memang sulit diimplementasikan oleh sebagian besar orang. Tapi sebenarnya merawat dan memelihara infrastruktur adalah menjadi tugas oleh semua warga. Terutama oleh warga penerima manfaat langsung infrastruktur tersebut.

Kelompok Pemanfaat Pemelihara (KPP) Sehat Sejahtera dengan diketuai Darsono merupakan KPP Desa Kampil, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan yang mempunyai tugas mengelola dan merawat hasil dari kegiatan BPM 2018 yaitu Jalan, Drainase dan Bak Sampah Komunal serta motor sampah.

KPP Sehat Sejahtera Desa Kampil mempunyai tugas yang berat bagaimana bak sampah komunal maupun motor sampah itu berjalan dan difungsikan selalu. Karena masalah sampah adalah masalah utama di Desa tersebut. Tetapi dengan semangat KPP Sehat Sejahtera Dan dengan dukungan BKM Mandiri Sejahtera Desa Kampil, sarana persampahan tersebut sampai sekarang masih berfungsi.

Awal ada kegiatan pembangunan bak sampah komunal dan motor sampah di tahun 2018 karena didasari masalah utama di desa tersebut adalah sampah. Selain itu, di Kampil sudah ada embrio beberapa kelompok warga yang sudah sadar akan sampah meskipun baru sedikit. Dengan modal bak sampah komunal dan motor sampah dari BDI tahun 2018 tersebut, KPP menjalankan tugasnya untuk penanganan sampah di desa Kampil. Di tengah perjalanan, menjadi kendala bagi KPP berkaitan dengan pembuangan ke TPS nya karena desa Kampil belum ada fasilitas TPS nya. Sebelum ada TPS, sampah dari rumah tangga diangkut dan dibuang dengan fasilitas truk sampah kerja sama dengan Pemda.

Karena itu dengan fasilitasi BKM, diadakan rapat dengan pemdes untuk membahas prioritas pembangunan landasan dan pada tahun 2019 juga dana desa dianggarkan untuk pembangunan landasan. Kontainer dari pemda. Pemda sangat respon baik, dengan semangat KPP dan BKM nya itu mereka ditambah armada motor pengangkut sampahnya.

Dari bulan ke bulan, pelanggan atau warga yang terlayani pengangkutan sampah semakin bertambah. Dari 100 an orang, sekarang sudah ada sampai dengan 455 orang. Iuran untuk wilayah Rt.05,06,07,08,09,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20: Rp 10.000/Bulan (Pengangkutan Perminggu Dua kali) sedangkan Iuran untuk wilayah Rt.01,02,03,04 : Rp 15.000/bulan (Pengangkutan perminggu Dua kali, rata² volume sampah lebih banyak dr wilayah lainnya).

Dari hasil retribusi sampah itu dipergunakan untuk beberapa hal. Mulai dari Honor Petugas Angkut Sampah, Retribusi Angkut Kontainer dari TPS Ke TPA oleh Dinas Perkim, Operasional Perawatan TPS, Biaya Operasional Pengurus, Operasional Perawatan Kendaraan Roda Tiga Angkut Sampah, Bensin Kendaraan Roda Tiga Angkut Sampah, Kontribusi PAD, hingga kontribusi untuk perawatan infrastruktur lainnya.

Koordinator BKM Mandiri Sejahtera, Zaenal lebih akrab di sapa pak guru ini menyampaikan “ kami di kampil tidak berhenti di sini saja, tidak berhenti sampah diambil dari bak sampah komunal terus diangkut dan dibawa ke kontainer terus di ambil dump truk nya pemda. Tetapi kami ingin sampah itu bernilai, dan kami sudah koordinasikan dengan Pemda untuk usulan pengadaan mesin pencacah plastik sehingga warga Kampil benar-benar sehat dan sejahtera dari sampah”.[Jateng]


Penulis: Eva Shokhifatun Nisa, Askot UP
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.