Beranda Warta Cerita Wujudkan Literasi hingga ke Ujung Negeri

Wujudkan Literasi hingga ke Ujung Negeri

Cerita Maluku Tual Literasi RTP Comments (0) View (146)

Sepenggal cerita dari Desa Tual, tepatnya kompleks Kiom, tempat dibangunnya Ruang Terbuka Publik (RTP) oleh Program Kotaku Tual yang memanfaatkan dana BPM tahun 2019. RTP dengan luas kurang lebih 50 m2 ini dimanfaatkan oleh warga sebagai wadah atau tempat bersantai selepas seharian beraktivitas.

Menariknya, selain sebagai tempat bersantai dan tempat bermain anak, ruang terbuka publik ini juga dimanfaatkan oleh sekelompok warga peduli sebagai taman baca bagi anak-anak. Apalagi semenjak sekolah secara daring pasca pandemi COVID-19 melanda bangsa ini, anak-anak banyak menghabiskan waktu di rumah, mulai dari belajar, bermain hingga dan mengurangi berpergian ke luar rumah. Hal ini tentu membuat jenuh anak-anak, sehingga dengan adanya RTP yang dibangun oleh Kotaku membuat anak-anak memiliki tempat bermain, mereka biasa menghabiskan waktu bermain di RTP ketika sore hari.

Melihat anak-anak yang sering berkumpul dan bermain setiap sorenya, memunculkan ide bagi para pemuda di Kiom, agar anak-anak tidak hanya bermain, namun juga belajar di RTP. Diinisiasi oleh pemuda dan pemudi peduli terhadap masa depan anak negeri serta cita-cita mulia untuk mencerdaskan anak bangsa, mereka membentuk Taman Baca yang diberi nama Batas Kota Kiom Bawah (BKKB). Taman baca ini dijadikan wadah untuk anak usia belajar dalam meningkatkan minat baca. Mereka membentuk sebuah komunitas belajar yang mengajari anak-anak usia sekolah (khusus SD dan SLTP) untuk meningkatkan minat baca serta keterampilan lainnya.

Aktifitas belajar mengajar ini rutin dilakukan pada sore hingga malam hari. Ada berbagai macam aktifitas yang dikemas dalam berbagai bentuk pembelajaran di taman baca ini. Diantaranya, belajar sambil bercerita, membuat permainan yang kreatif, bernyanyi serta belajar diskusi seputar kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan agar anak tidak bosan atau jenuh dalam proses belajar serta melatih anak untuk mandiri dan bebas berekspresi.

Buku-buku yang menjadi bahan bacaan di Taman Baca BKKB ini sangatlah terbatas. Sebagian besar buku yang digunakan adalah pemberian dari warga sekitar. Menurut salah satu pengelola, mereka masih sangat membutuhkan buku-buku bacaan serta koleksi buku baca terbaru. Meskipun dengan keterbatasan yang ada, tidak menjadi hambatan bagi kelancaran aktifitas di taman baca ini. Harapannya, aktifitas yang dilakukan ini dapat menginspirasi bagi semua kalangan, khususnya pemuda dan pemudi di Kota Tual. Agar ada kepedulian terhadap masa depan anak bangsa, dimulai dengan menarik dan membangkitkan minat baca anak-anak.

Mengingat kebutuhan akan bahan bacaan bagi anak-anak di Kiom, Kotaku Tual dan Kotaku Maluku berupaya untuk memfasilitasi untuk para donator yang berkenan mendonasikan buku-buku bacaan untuk anak usia sekolah. Para donator dapat menghubungi Tim Kotaku Provinsi Maluku maupun Tim Kotaku Tual. Semoga, dengan saling membantu kita bisa mewujudkan Literasi hingga ke Ujung Negeri.[Maluku]


Penulis: Stenly Maitimu, Askot KK Kotaku Tual Program Kotaku Provinsi Maluku
Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.