Beranda Warta Cerita Pondok Sahabat, Rumah Baca Atas Septic Tank

Pondok Sahabat, Rumah Baca Atas Septic Tank

Cerita Sumatra Barat Padang Panjang Septictank KPP Comments (0) View (411)

Sebelumnya lokasi RT 6 ini hanya berdiri septiktank komunal yang dibangun dari dana Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahun 2019 di RT 6 kelurahan Tanah Pak Lambik, Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Septiktank komunal ini telah dimanfaatkan oleh lebih kurang 22 KK penerima manfaat. Pembangunan septiktank komunal ini memang di wacanakan untuk taman baca bagi masyarakat sekitar dengan menggaet kolaborasi.

Dan sebagai upaya untuk tetap menjaga keberlanjutan pemeliharaan insfrastruktur yang telah dibangun, maka dibentuk Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP). KPP ini diberi nama KPP Kampung Sehat. Anggota Kelompok Pemanfaat & Pemelihara (KPP) “Kampung Sehat” adalah semua warga pemanfaat sarana dan prasarana yang ada di Kelurahan Tanah Pak Lambik.

Berawal dari diskusi dan cerita antar warga sekitar bersama KPP Kampung Sehat ditengah pandemi covid 19 yang belum jua berakhir. Maka muncullah ide untuk membuat pondok kecil yang nantinya digunakan untuk tempat berkumpul, belajar dan bermain bagi anak-anak.

Upaya dan harapan yang dilakukan KPP Kampung Sehat bersama-sama dengan warga itupun terwujud dengan adanya sumbangan dari para pemerhati dan tokoh masyarakat kelurahan Tanah Pak Lambik. Sumbangan berasal dari Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, dan sejumlah tokoh lainnya. Sabtu, 12 september 2020, KPP Kampung Sehat, karang taruna dan warga mewujudkan mimpinya dengan bergotong royong membangun “Pondok Baca Sahabat.

Sekarang Pondok Baca Sahabat sudah bisa dimanfaatkan oleh anak-anak setempat untuk mengerjakan tugas daring, belajar Al-Qur'an yang langsung dibimbing oleh ustad setempat.[Sumbar]


Penulis: Erianto, Tokoh Masyarakat Kelurahan Tanah Pak Lambik
Program Kotaku Provinsi Sumatra Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.