Beranda Warta Berita DPRD Awasi Pelaksanaan Pembangunan dan Perencanaan Anggaran

DPRD Awasi Pelaksanaan Pembangunan dan Perencanaan Anggaran

Berita Gorontalo Kunjungan DPRD Comments (0) View (315)

Kamis, 17 September 2020, Erwinsyah Ismail bersama tim , melakukan kunjungan di Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Pada kunjungannya melihat lansung kegiatan program kotaku pemanfaatan BPM Tahun anggaran 2020. DPRD sebagai wakil lembaga legislatif tidak mungkin melepaskan diri dari kehidupan rakyat yang diwakilinya. Perannya sebagai anggota DPRD selain sebagai mengawasi setiap pelaksanaan pembangunan juga tentu tidak terlepas bagaimana pada penentuan anggaran kedepannya. Sehingga data-data kelurahan dampingan yang ada diprogram Kotaku, menjadi perhatian dari Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo, untuk menjadi Kelurahan binaan dalam menganggarkan dana aspirasi mereka kedepannya. Selain itu disampaikan juka bahwa setiap anggota DPRD ini akan berkontribusi satu titik atau kelurahan. “Kata Erwinsyah Ismail”.

Hadir mendampingi kunjungan anggota DPRD Provinsi Gorontalo Ilham Hamid Team Leader Kotaku menjelaskan bahwa, hasil pendataan itu menjadi lampiran SK Bupati dan Walikota, karena data pusat PUPR itu adalah SK Bupati dan Walikota. Kota Gorontalo sendiri yang melakukan pendataan 35 Kelurahan sementara Kabupaten Gorontalo 23 Desa dan Kelurahan. Yang menjadi perhatian dari Komisi 3 DPRD Provinsi tersebut adalah siapa yang menentukan layak tidaknya Desa Kelurahan itu untuk mendapat Bpm. Kami dari pendamping Kotaku yang menentukan layak tidaknya, dan data inilah yang kemudian yang di SK kan oleh Bupati dan Walikota nantinya “dialogis Komisi 3 DPRD dan Ilham Hamid). Posisi Program Kotaku Kata Ilham Hamid kita hanya membantu pemda pada posisi lampiran SK nya. Dari data yang di SK kan nanti akan terlihat urusan pembagian terkait dengan penangan kumuh, luas 15 ha atau lebih ditanganih Pusat, 10-15 ha. Ditangani oleh Provinsi dan dibawah 10 ha. Ditangani oleh Kota dan Kabupaten. Termasuk didalamnya nanti mana saja kelurahan yang masuk kategiri kumuh dan tidak kumuh.

Pada hasil wawancanya dengan Erwinsyah Ismail mengatakan bahwa, sudah melihat dari hasil pekerjaan balai cipta karya tentang program kotaku saya pribadi dan teman-teman merasa berterima kasih. Dan ini program sangat-sangat membantu aktifitas warga, warga tetap merasa nyaman, aman lingkungannya menjadi bersih. Saya harap ini program seperti ini lebih ditingkatkan lebih banyak lagi kalau bisapun jangan hanya anggarannya satu milyar saja perkelurahan. Saya minta supaya ditambah banyak agar bagian-bagian yang dikerjakan lebih banyak lagi. Lagian saya fikir ini pekerjaan padat karya yah, suwakelolah dengan masyarakat setempat bahwa uang itu berputar di kelurahan ini, dikampung ini. Ini pogram kotaku sangat baik, saya mungkin akan berjuang mendorong lebih banyak anggaran untuk program-program seperti ini kedepan. Sekali lagi atas nama komisi 3 dan masyarakat gorontalo mengucapkan terima kasih dan doakan kami agar tetap dapat berjuang dipusat agar anggaran lebih banyak masuk di provinsi Gorontalo.

Dalam perannya sebagai badan perwakilan, DPRD menempatkan diri selaku kekuasaan penyeimbang (balanced power) yang mengimbangi dan melakukan kontrol terhadap apa yang menjadi kepentingan masyarakatnya. Salah satu fungsi yang melekat kepadanya adalah Mengartikulasikan keprihatinan, tuntutan, harapan dan melindungi kepentingan rakyat ketika kebijakan dibuat, sehingga DPRD senantiasa berbicara “atas nama rakyat”.

Program Kotaku menyambut baik apa yang dilakukan oleh Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo. Semoga dari data yang ada yang menjadi usulan menjadikan satu titik atau kelurahan menjadi binaan dalam pendanaan melalui usulan dana aspirasi menjadi kenyataan. Sehingga masalah terkait persoalan kekumuhan senantiasa dapat diatasi dengan baik.

Contoh konkret kolaborasi yang disampaikan melaui kunjungan lansung di Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo patut kita apresiasi. Semoga menjadi kenyataan.[Gorontalo]


Penulis: Mustar Musyahri, Sub-Prof Komunikasi
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.