Beranda Warta Cerita Pojok Mojo, dari Angker Jadi RTP Idaman

Pojok Mojo, dari Angker Jadi RTP Idaman

Cerita Jawa Timur Jombang RTP Comments (0) View (84)

Salah satu kegiatan Kotaku yang ada di Desa Dukuh Mojo adalah Kegiatan RTP yg berlokasi di pojok kampung dekat dengan barongan yang rimbun ditumbuhi pepohonan, termasuk bambu di RT 02-RW 02 dusun Wonoayu desa Dukuh Mojo Kec. Mojoagung, Kab. Jombang. Bila saat senja telah tiba ruas jalan pojok kampung ini dipastikan sudah sangat jarang orang berlalu lalang melintasi jalan pojok kampung dusun Wonoayu ini.

Konon cerita salah seorang warga, bahwa ditempat itu sering ada sosok yang tiba-tiba menampakkan diri dan kemudian hilang, kejadian ini menyebar dari mulut ke mulut, akhirnya semua warga sekitar dusun Wonoayu Wetan, Suasana menyeramkan ini sudah lama ada, sekitar tahun 80-an hingga saat ini. Sehingga sudah puluhan tahun tempat itu sepi tiada seorang pun yang berani singgah atau bermain di tempat itu. Apalagi tempat itu kotor dan sedikit bau, akibat sampah yang menumpuk, begitu cerita Jupri (Ketua KSM Wonoayu) dikuatkan oleh Mas Ayik.

Namun dengan masuknya program Kotaku, yang menginginkan adanya perubahan wajah dan berdampak positif kepada masyarakat, termasuk memberikan manfaat buat anak-anak sebagai area bermain. Hal ini sesuai yang diamanatkan oleh Pemerintah didalam UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pada Pasal 11 : Setiap anak berhak beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain, berekreasi dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat dan tingkat kecerdaannya demi pengembangan diri.

Sedemikian pentingnya areal bermain pada anak, untuk itu segenap Aparat Desa,Tomas,Toga, Lembaga 2 Desa, Khususnya BKM Paguyuban Warga bersepakat untuk merubah tempat itu menjadi bagian dari lokasi RTP, namun areal itu tidak begitu luas untuk dijadikan RTP belum lagi diisi dengan aneka mainan, Gazebo dan pepohonan / tumbuh2 an.

Silaturrahim sebagai upaya pendekatan ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga masyarakat peduli dilakukan oleh Imam Chudlri selaku Kasun Wonoayu Wetan untuk mendapatkan restu dan dukungan pembangunan RTP Taman Sawo. Alhamdulillah niat itu disambut baik oleh salah seorang warga yang sangat baik, rendah hati, peduli pada warga dan memiliki tanah cukup luas kurang terawat, sehingga aneka jenis tanaman tumbuh liar ditempat itu. Beliau adalah Zamzuri, dengan senang hati mengihlaskan sebagian tanahnya yang berukuran 14,9 m x 6 m x 18 m utk dipakai RTP, sehingga jadi lumayan luas. Beliau juga mengizinkan sebagian tanahnya dipakai jalan paving yang menghubungkan permukiman warga dengan area pertanian /Sawah/Ladang Warga , Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an (Almagfurlloh KH Imam Ahmad Alhafidz). Selain beliau, ada juga sosok dermawan yang merelahkan tanah miliknya dipergunakan Jalan Paving, yaitu Mahfudz Warga RT002-RW002 Dusun Wonoayu, Desa Dukuh Mojo, Kecamatan Mojoagung – Jombang.

Kini barongan itu berubah menjadi RTP yg indah, lengkap dengan berbagai mainan anak: perosotan, ayunan, tangga majemuk (monkey bar), hingga jungkat jungkit. Beraneka tanaman hasil swadaya masyarakat pun menghijaukan areal ini. Mulai dari sawo, pucuk merah, jeruk lemon, sirsak, kemuning, dan masih banyak lainnya. Termasuk tempat istirahat warga, tersedia dua unit gazebo.

RTP ini ramai dikunjungi oleh anak-anak pada pagi dan sore hari untuk berkumpul dan sekadar bermain. Para orang tua, terutama ibu yang singgah di RTP Taman Sawo selain berinteraksi dengan sesama ibu juga bermaksud menunggu & mengawasi anaknya bermain atau sedang mengaji di PPTQ Nur Muhammad, yang didirikan & diasuh oleh Kh. Agus Kamaluddin Ismail Al Hafidz Wonoayu, sedangkan Para Bapak/Pemuda hanya sekedar berteduh melepaskan penat, berjaga-jaga atau hanya sekedar kumpul di gazebo.

Kini sepertinya RTP Taman Sawo ini tiada sepinya oleh pengunjung, memang benar-benar RTP yang sangat menyenangkan, lain dengan kondisi sebelumnya ; Sepi tiada pengunjung/sekedar singgah, gelap tiada lampu yg menyinari, seram terbayang kejadian sebelumnya.

RTP Wonoayu ini memberikan manfaat memperindah (Estetis) pemukiman kampung Wonoayu Wetan dan sekitarnya. Perkampungan tampak Indah dengan aneka tanaman hijau dan aneka gemerlap nyala lampu dimalam hari, sehingga hati terasa adem, Kepala pun bisa diajak berpikir lebih jernih dan kreatif. Anak-anak mendapatkan ruang untuk bermain, sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau video game. Masyarakat dapat berjalan kaki, berolahraga, dan melakukan aktivitas lainnya. Keberadaan RTP di Wonoayu yang cukup ramai pengunjung, menjadi berkah tersendiri bagi usaha kecil yang ada disekitar lokasi RTP.

Begitulah adanya RTP dukuh Mojo yg berlokasi di RT 19 DS003 /RW02 Dusun Wonoayu Wetan, Desa Dukuh Mojo, Kec. Mojoagung,Kabupaten Jombang.[Jatim]


Penulis: Abd. Haris, Askot KK Jombang
Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.