Beranda Warta Cerita Ketika Perdamaian Menanti Livelihood

Ketika Perdamaian Menanti Livelihood

Cerita Sumatra Utara Langkat Livelihood Infrastruktur Comments (0) View (43)

Livelihood merupakan istilah yang berkenaan dengan kemampuan manusia mengembangkan strategi dan mengimplementasikan strategi tersebut untuk menjamin keberlanjutan hidup mereka. Kekomplekan pemaknaan livelihood muncul ketika pihak-pihak eksternal seperti pemerintah, pihak swasta, dan lainnya berusaha memfasilitasi masyarakat yang kehidupannya sedang terancam, bermasalah atau sedang mengalami kesulitan. Livelihood terdiri dari kemampuan, asset (termasuk material dan sumber daya sosial) dan aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan rumah tangga. Suatu livelihood akan berlanjut ketika livelihood tersebut dapat mengatasi kecemasan dan mempertahankan atau meningkatkan kemampuan dari aset-aset yang dipunyai saat ini dan dimasa yang akan datang dengan tidak menimbulkan kerusakan terhadap sumberdaya alam.

Atas dasar itu program Kotaku memberikan program PPMK/livelihood pada kelurahan-kelurahan yang kegiatan ekonomi bergulirnya lancar yang dimulai pada tahun 2012 dan 2014, sebagai reward bagi kelurahan-kelurahan yang terpilih berdasarkan kriteria penilaian tertentu. Dengan besaran dana Rp. 100.000.000/kelurahan. Salah satunya kelurahan Perdamaian yang mendapatkan program PPMK/Livelihood pada tahun 2014, dan sampai saat ini perguliran PPMK berjalan lancar dan baik sehingga pada tahun 2019 kelurahan Perdamaian masuk dalam seleksi program Infrastruktur Livelihood dengan beberapa kelurahan di 14 Kabupaten/kota di Sumut yang berada dalam intervensi Kotaku, adapun seleksinya sendiri dilakukan ditingakat pusat, dan Alhamdulillahnya, Perdamaian salah satu kelurahan yang lolos seleksi dari Kabupaten Langkat, yang mendapatkan program Infrastruktur Livelihood dengan dana sebesar 1 miliar Rupiah. Infrastruktur Livelihood sendiri merupakan kegiatan infrastruktur yang menunjang kegiatan ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkesinambungan/terus menerus, sehingga dampaknya dapat dirasakan secara berkelanjutan.

Dengan mendapatkan infrastruktur livelihood perdamaian telah menyusun visi misi, konsep dan perencanaan kegiatan yang ingin dibangun, pada awalnya TIPP, LKM, Tokoh masyarakat beserta tim konsultan (Kotaku) merencanakan pembibitan dan pembudidayaan ikan lele, kenapa dipilih ikan lele karena di kelurahan Perdamaian kebanyakan mata pencaharian masyarakatnya berbudi daya ikan lele. Atas dasar itulah kelurahan Perdamaian memilih konsep one stop product, mulai dari pembudidayaan dan pengolahan makanan yang berbahan dasar ikan lele sebagai ikon kelurahan Perdamaian, dengan mengusung konsep tersebut maka perencanaan yang dibuat mulai dari pembuatan kolam ikan lele, rumah produksi pakan lele, rumah produksi pengolahan makanan yang berbahan dasar ikan lele dan pusat pemasaran produk olahan berupa galeri dan kafe. Pada September lalu semua konsep telah rampung semua persyaratan sudah dipenuhi dan dukungan dari pihak kelurahan juga sudah diperoleh akan tetapi kita menemui hambatan di lahan yang mengharuskan hibah lahan, yang pada awalnya telah disepakati kalau peruntukan lahan menggunakan ijin pakai selama 15 tahun. Dengan mengharuskan hibah lahan maka pemilik lahan merasa keberatan dan langsung menolak hal tersebut. Sangat disayangkan dengan gagalnya perencanaan dan konsep yang telah dibuat secara matang karena diharapkan dengan konsep dan perencanaan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

Walaupun konsep dan perencanaan awal telah tidak dapat direalisasikan dan terkait status tanah yang izin pakai selama 15 Tahun, Dari pihak satket dan PPK Propinsi selaku KPA mengharapkan status tanah hibah. Namu kami dari pihak Pendamping (Kotaku) memfasilitas berbagai alternatif sebagai pengalihan perencanaan awal, ada beberapa rencana kegiatan infrastruktur pendukung livelihood berupa pembangunan sarana pendukungnya berupa jalan, saluran pembuangan limbah untuk kolam-kolam yang ada di kelurahan Perdamaian sebagai alternatif kegiatan yang akan dibangun, walaupun pada awalnya ada rasa kecewa namun pada saat ini LKM, TIPP dan masyarakat sekitar dapat menerima dan memahaminya, pada tanggal 8 Oktober 2020 pihak PPK Provinsi telah meninjau ke lapangan untuk melihat kondisi kegiatan yang ingin dibangun, agar kegiatan yang dibangun tepat sasaran dan dapat menyelesaikan masalah yang ada agar tidak menimbulkan masalah baru ketika kegiatan dilaksanakan, pada saat ini perhitungan rab, DED, dan before after sedang dikerjakan dan diharapkan secepatnya selesai dan rampung agar dananya segera masuk ke rekening LKM untuk segera dilaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Besar harapan masyarakat sekitar segera ada perubahan pada wajah kelurahan Perdamaian dan meningkatnya perekonomian mereka dengan adanya infrastruktur livelihood, apalagi pada saat-saat pandemi seperti sekarang, yang dampaknya luar biasa bagi semua lapisan masyarakat yang membuat masyarakat semakin kesulitan dan terpuruk dalam bidang ekonomi. Semoga saja dana infrastruktur livelihood segera terealisasi, sebagai oase ditengah kesulitan masyarakat pada saat ini, khususnya masyarakat kelurahan Perdamaian. Amiiin.[Sumut]

 

Penulis: Sri Rahma Ningsih, Senior Fasilitator Tim 1 Kabupaten Langkat
Program Kotaku Provinsi Sumatra Utara

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.