Beranda Warta Artikel Program Kotaku; Antara Pembangunan dan Estetika

Program Kotaku; Antara Pembangunan dan Estetika

Artikel Jawa Timur Madiun Estetika Infrastruktur Comments (1) View (269)

Pembangunan infrastruktur dengan menambahkan estetika tidak hanya terjadi dalam Program KOTAKU. Bahkan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah gencar-gencarnya menambah ruang estetika. Seperti pembangunan jembatan gantung penyebrangan orang dengan lantai menggunakan teknologi plexiglass dan penambahan lampu-lampu hias yang dibangun oleh kementrian PUPR akan menambah daya tarik wisata.

Sama halnya apa yang terurai seperti diatas, pembangunan insfrastruktur dalam pogram KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), juga membutuhkan estetika sebagai daya tarik masyarakat. Didesain sedemikian rupa agar nyaman di pandang mata. Estetika (aesthetic) sendiri mempunyai pengertian suatu bidang ilmu yang mempelajari dan membahas tentang keindahan, bagaimana suatu keindahan dapat terbentuk, serta bagaimana keindahan tersebut bisa disadari dan dirasakan oleh manusia. Secara etimologis, istilah “estetika” berasal dari bahasa Latin “aestheticus” atau bahasa Yunani “aestheticos” yang artinya merasa atau hal-hal yang dapat diserap oleh panca indera manusia. Ada juga yang menyebutkan bahwa arti estetika adalah suatu cabang ilmu filsafat yang membahas tentang keindahan, dan biasanya terdapat di dalam seni dan alam semesta.

Merancang estetikapun juga tidak mudah. Butuh pertemuan yang melibatkan masyarakat dimana akan menggali ide-ide kreatif sehingga bisa bersanding dengan jenis pembanguan yang ada. Mungkin bentuk-bentuk fisik bangunan yang unik yang nantinya bisa mengundang decak kagum. Ide-ide inilah yang akan disatukan menjadi ide besar yang dirancang dalam pra desain. Pra desainpun juga akan di rembugkan kembali apakah sudah sesuai atau tidak. Seperti menambahkan tanaman, pergola sebagai peneduh atau pelindung dari panas sinar matahari, biasanya akan dipasang dipinggir jalan dengan tanaman merambat atau pot-pot kecil yang digantung di samping. Ada pula gazebo yang merupakan ruang terbuka alternative tempat berkumpul melakukan kegiatan santai. Atau bentuk-bentuk tulisan dari besi yang kemudian di beri warna dengan menyematkan lampu-lampu hias. Bahkan ketika antusias masyarakat itu tinggi, swadaya masyarakat akan muncul dengan sendirinya. Bisa jadi menambahkan mural yang sekarang viral dengan gambar tiga dimensi (3D). Gambar –gambar 3D inilah yang menjadi Instagram mebel tempat bersua foto. Maka dari itu penting kiranya estetika bisa digali dan ditampakkan keindahannya.

Estetika itu seperti mengajak masyarakat untuk bermimpi. Bermimpi menjadikan desa atau kelurahannya secantik dan sebersih mungkin terhidar dari yang namanya kumuh. Contohnyapun juga sudah banyak seperti kampung jodipan (kampung warna-warni), kampung pelangi dimana kita membayangkan jika kita bisa menciptakan desa/kelurahan kita seperti itu. Bahkan sekarang sedang menjamur kafe-kafe kopi dengan desain ala-ala korea. Banyak menyematkan lampu-lampu hias, kursi-kursi yang unit sehingga mengundang orang penasaran ingin dating.

Adanya estetika selain menjadikan daya Tarik, juga akan menggugah masyarakat untuk berupaya merawat hasil pembangunan. Akan eman jika apa yang sudah terbangun kemudian dijadikan monument abadi. Estetika yang merupakan gambaran/ungkapan/isi hati masyarakaat yang dituangkan dalam keindahan nantinya juga harus memiliki kelompok yang bisa merawat dan memellihara. Harapannya, setelah pembangunan dan estetika selesai, maka masyarakat akan dapat meneruskan untuk merawatnya. Bukan satu dua tahun, tetapi sepuluh tahun atau bahkan lebih sehingga apa yang sudah dibangun masih ada dan dapat dirasakan manfaatnya oleh penerus selanjutnya. Semoga.[Jatim]


Penulis: Merry Christina, Fasilitator Sosial Kabupaten Madiun
Program Kotaku Provinsi Jawa Timur

1 Komentar


  1. Posted by fidy afrizon | Nov 23, 2020
    Kepada Yth.                                                                                                 

    PT. Perusahaan BUMN, BUMD, Swsata Nasional
    Up           : Finance Manager/ HRD
    From       : Fidy Afrizon 
    Perihal  : Penawaran Jasa Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan.

    Jenis Jaminan Bank Garansi & Surety Bond :

    1. Jaminan Penawaran     (bid bond)
    2. Jaminan Pelaksanaan   (peformance bond)             
    3. Jaminan Uang Muka     (advance payment bond)   
    4. Jaminan Pemeliharaan (maintenance bond)    
    5. Jaminan Pembayaran   (payment bond)
    6.Jaminan Lainya 

    Line Of Insurance :
    1. Custom Bond 
    2. Asuransi Cargo
    3. Construction All Risk (CAR)
    4. Property All Risk (PAR)
    5. Comprensive General Liability (CGL)
    6. Erection All Risk (EAR)
    7. Workman Compensation Liability (WCL)
    8. Auto Mobile Liability (AL)
    9. Marine Hull (MH)

    Demikian penawaran yang dapat kami sampaikan, Semoga ini menjadi langkah awal untuk menjalin kerjasama yang baik dan berkesinambungan di masa yang akan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

    Regards,
    Fidy Afrizon
    wa : 0812 9384 7087  

    PT. GLOBAL PERSADA INDONUSA
    Jl. Srikaya No.08 RT. 07 RW. 06 Utan Kayu Utara, Matraman - Jakarta Timur 
    Telephone : +6221 - 2962 1873
    Faximile     : +6221 - 2962 1878

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.