Beranda Warta Berita Program Kotaku Harapan Wakil Rakyat Gorontalo

Program Kotaku Harapan Wakil Rakyat Gorontalo

Berita Gorontalo Padat Karya Kunjungan Comments (0) View (178)

Kabupaten Gorontalo untuk Program Kotaku Tahun 2020, masih tetap mendapatkan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) sebesar 6 Milyar Rupiah. Empat Kelurahan ada di Kecamatan Limboto dan Dua Desa ada di Kecamatan Telaga. Satu diantara penerima BPM Tahun 2020 adalah Desa Mongolato yang ada di Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Desa Mongolato BKM Bunggato untuk tahun ini masih mendapatkan BPM 1 Milyar Rupiah. Dana tersebut dipergunakan untuk membangun infrastruktur dasar diantaranya, Jalan Paving Block 200 Meter Rp. 196.596.000, Jalan Paving Block 59 Meter Rp. 90.553.000, Drainase Lingkungan 33 Meter Rp. 31.195.000, Saluran Pembuangan Limbah rumah tangga, industri, sarana komersial,sarana umum (Grey Water) 184 Meter Rp.104.799.000, Jalan Paving Block 293 Meter Rp. 215.218.000, Jalan Paving Block 275 Meter Rp. 220.819.000 dan MCK Mandi + Cuci + Kakus 3 Unit Rp. 135.820.000.

Berkaitan dengan pemanfaatan dana bantuan pemerintah untuk masyarakat di Desa Mongolato Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. H. Sun Biki, Hj. Venny Anwar, dan Hj. Lolly Yunus, Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo pada Hari Minggu Tanggal 25 Oktober 2020 mengawasi lansung kegiatan yang dimaksud. Kunjungan di Desa Mongolato di dampingi Tim Fasilitator Kotaku, Askokt Mandiri Kabupaten Gorontalo bersama para Tokoh masyarakat, BKM dan KSM pelaksana kegiatan. Sun Biki banyak menggali informasi tentang program Kotaku, dan bertanya bahwa program Kotaku ini ternyata hanya wilayah kota saja. H. Sun Biki, Hj. Venny Anwar, dan Hj. Lolly Yunus, banyak mengamati dan mengeksploitasi masyarakat terkait dengan padat karya yang dilaksanakan pada Program Kotaku. Sebagai Wakil masyarakat dari Komisi III bagian penganggaran DPRD Provinsi Gorontalo, pelaksanaan kegiatan program kotaku dan kebanyakan kegiatan proyek umumnya yang dipahami oleh Tiga anggota dewan tersebut menjadi suatu pengetahuan dan pembelajaran tersendiri.

Dari wawancara yang dilakukan kepada tiga anggota dewan tersebut, H. Sun Biki, Hj. Venny Anwar, dan Hj. Lolly Yunus, di Desa Mongolato Dusun Dua pada pekerjaan Jalan Paving Block panjang 200 Meter Lebar 3 Meter dengan anggaran 185.096.000. H. Sun Biki mengatakan bahwa sangat mengapresiasi hadirinya pekerjaan dari program Kotaku ini di Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Kami bertiga betul-betul bangga karena dengan Dana satu Milyar, Alhamdulillah bisa menangani beberapa pekerjaan yang benar-benar bersentuhan lansung dengan masyarakat. Jalan-jalan diperbaiki, drainase MCK dan lainnya benar-benar sangat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Saya melihat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ini patut untuk dilanjutkan diwaktu-waktu yang akan datang. Yang berikut kami juga ingin memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh – tokoh agama disini yang bahu-membahu membantu kepala Desa, BPD, dalam merealisasikan kegiatan program ini. Hampir tidak ada celah kami melihatnya dari kegiatan padat karya yang dilaksanakan oleh program Kotaku tersebut. Betul-betul tidak ada kekurangan didalamnya.

Saya dari partai Golkar, Hj. Venny Anwar dari partai PDIP dan Hj. Lolly Yunus, dari Partai Nasdem mengharapkan melalui satker perumahan cipta karya andai kata ada program-porogram ini di Provinsi Gorontalo, Bone Bolango dan Daerah-Daerah yang kumuh di Kabupaten lainnya kami di Gorontalo mengharapkan mendapatkan juga alokasi tambahan seperti yang ada saat sekarang ini. Saya bertiga dari Komisi III DPRD bagian penganggaran memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada masyarakat, Tokoh Agama dan semua elemen masyarakay yang terlibat didalamnya , ini luar biasa. Salut melihatnya yang betul-betul bergembira membantu kepala desa, BPD, merealisasikan program ini" Kata H. Sun Biki"

Kami mendoakan mudah-mudahan dengan adanya infrastruktur ditengah-tengah masyarakat Desa Mongolato ini, menjadi bersih, sejuk dan akan memberikan kemaslahatan kepada masyarakat disini. Tadi saya mendengar insya Allah stelah pekerjaan ini selesai akan dibentuk oleh pak Kepala Desa lagi, kelompok pemanfaat dan pemelihara. Jadi tidak sekedar selesai lalu dimanfaatkan tidak dipelihara. Saya juga berterima kasih kepada Ayahanda Kepala Desa yang telah memikirkan ini kedepan agar infrastruktur yang dikerjakan begitu baik ini, kalau tidak dipelihara dengan baik akan cepat rusak. Lalu saya melihat dari sisi pelaksanaan proyek, jika ini ditenderkan, dan dikerjakan oleh kontraktor, orang yang ada disamping kiri dan kanan saya ini adalah orang kontraktor sambil bercanda kepada dua temannya anggota Dewan tersebut. Tetapi kedua Anggota dewan ini mengatakan, masa jalan yang 270 Meter, bisa ditangani dengan anggaran Rp. 220.000.000.

Masyarakat berpartisipasi memberikan lahannya secara hibah, dibebaskan untuk dilalui oleh proyek atau kegiatan program kotaku ini. Betul-betul saya gembira “kata H. Sun Biki. dan kami dari Komisi III, tadi pk Kepala Desa menyatakan kebetulan kami bertiga dari bagian penganggaran, Kepala Desa juga menaruh harapan mudah-mudahan ditengah pendanaan yang sebagian besar terpotong untuk penanganan Covid-19 ada bantuan juga dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Kami tidak berjanji, tapi mudah-mudahan dalam pembahasan anggaran insya Allah, yang pas besok pembahasannya lagi dilaksanakan.

Penganggaran Provinsi Gorontalo yang tadinya dua trilyun lebih, ini mulai sedikit berkurang, Tahun 2020 ini APBD Provinsi Gorontalo, dikurangi 385 Milyar untuk penangan pencegahan Covid-19. Syukurlah ada proyek atau program Kotaku ini yang dilaksanakan dengan melalui padat karya, menjadi alternatif membantu masyarakat untuk membangun Desa Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.[Gorontalo]


Penulis: Mustar Musyahri, Sub Prof Sosialisasi OSP 8
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.