Beranda Warta Berita Misi Teknis NSUP Kotaku di Tiga Kota secara Daring

Misi Teknis NSUP Kotaku di Tiga Kota secara Daring

Berita Misi Teknis Virtual Infrastruktur Tegal Manado Ambon Comments (0) View (117)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menggelar rangkaian Misi Teknis Capaian Layanan Infrastruktur Dasar National Slum Upgrading Program (NSUP)/Kotaku di tiga kota di tiga provinsi, dalam tiga waktu berbeda. Mengingat pandemi COVID masih berlangsung, misi teknis ini dilakukan secara virtual melalui videoconference melalui daring.

Lokasi pertama adalah Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (27/11). Lokasi kedua, Kelurahan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, hari ini, Senin (30/11). Lokasi ketiga, Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku, yang akan digelar besok, Selasa (1/12).

Agenda misi virtual yang dilakukan sehari penuh ini adalah dialog dan tanya-jawab terkait isu sanitasi dan pengelolaan air minum di tingkat perkotaan masing-masing. Dialog dan tanya-jawab itu dilakukan antara Tim Satker Infrastruktur Berbasis Masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pihak donor Bank Dunia, Konsultan Manajemen Pusat (KMP) Kotaku, Advisory Kotaku, dengan pihak pemerintah daerah, Badan/Lembaga Keswadayaan Masyarakat (BKM/LKM) kelurahan, dan juga konsultan pendamping di kelurahan dan kota masing-masing.

Dalam dialog dan tanya jawab tersebut didapatkan informasi yang lebih mendalam tentang ketersediaan layanan infrastruktur permukiman, terutama di bidang air minum dan sanitasi. Ternyata telah banyak kolaborasi dan inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat sendiri terkait air minum dan sanitasi. Begitu pula dengan perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih pandai menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Diharapkan ke depannya kegiatan dapat terlaksana lebih terintegrasi, utamanya terkait pengelolaan sampah. Semua kegiatan infrastruktur permukiman secara layak yang dibutuhkan masyarakat bisa berjalan lancar jika dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak yang peduli, mulai dari pemerintah daerah, akademisi, stakeholder, dan masyarakat. [Redaksi]

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.