Beranda Warta Berita Anggota Legislatif Gorontalo: Kolaborasi Adalah Pilihan

Anggota Legislatif Gorontalo: Kolaborasi Adalah Pilihan

Berita Gorontalo Kunjungan DPRD Comments (0) View (162)

Dana Program Pengembangan Daerah Pemilihan (P2DP) atau yang dikenal dengan dana aspirasi Aleg menjadi salah satu isu hangat yang yang menarik untuk diperbincangkan. Sehingga dana aspirasi dianggap sebagai wujud nyata dalam menindak lanjuti aspirasi dari daerah pemilihan (dapil) para anggota Legislatif sekaligus mempercepat proses pembangunan dengan cara memotong rantai birokrasi, sehingga kebijakan ini akan dapat memulihkan kepercayaan publik pada Aleg yang bersangkutan. Apalagi kebijakan ini sebenarnya telah dipraktikkan di badan anggaran dan beberapa DPRD Komisi III khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur. Dana aspirasi DPRD Provinsi Gorontalo dibuat dalam rangka memberikan keadilan dan mengurangi kecemburuan. Selain itu, praktek dana aspirasi di beberapa Daerah dianggap sukses dijalankan dalam rangka pemerataan pembangunan. Sebagaimana kita ketahui dana aspirasi dari setiap Anggota Legislatif merupakan sarana untuk memperjuangkan harapan dari aspirasi masyarakat wilayah pemilihannya.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas Erwinsyah Ismail Partai Demokrat dari Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo mengunjungi Kelurahan Dembe II Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Maksud dan tujuan melakukan kunjungan kerja ini, selain karena merupakan wilayah basis pemilihan Erwinsyah, sekaligus mencari dan mengorek informasi terkait dengan program kerja Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang ada di Kelurahan Dembe II untuk Tahun 2020-2021. Menurut Erwinsyah ini perlu dilakukan setelah Tiga bulan berjalan melihat lansung kegiatan dari pada program Kotaku secara kuantitas dan kualitas, Erwinsyah sangat-sangat mengapresiasi dari pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan oleh Program Kotaku. Kunjungan Erwinsyah didampingi Koordinator Kota (Korkot) Ben Ismail bersama Annisa Matowani dari Balai PPW Gorontalo. Pada momen kunjungan di Kelurahan Dembe II Erwinsyah berdiskusi banyak tentang program Kotaku dan rencana Kolaborasi yang aakan dibangun kedepan melalui dana Aspirasi yang sementara diperjuangan oleh Erwinsyah dari Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo. Ben Ismail menguraikan panjang lebar tentang kondisi Kota Gorontalo sesuai dengan dampingan Korkot Kota Gorontalo kepada Erwinsyah. Termasuk situasi dan kondisi Kelurahan Dembe II, dimana kelurahan tersebut masih pada kategori pencegahan, sehingga untuk kegiatan kedepannya perbaikan itu bisa dilaksanakan melalui platpon Kolaborasi. Dan ini sangat disetujui oleh Erwinsyah sendiri selaku Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo.

Kunjungan Erwinsyah dari Komisi III tersebut dilaksanakan pada Hari Jumat Tanggal 13 November 2020. Kehadiran Erwinsyah untuk lebih memastikan seperti apa permasalahan infrastruktur yang ada di Kelurahan Dembe II. Sehingga Usulan dana Aspirasi yang akan diusulkan nantinya melalui Kabalai PPW Gorontalo lebih tepat untuk dikolaborasikan dalam rangka membantu pemerintah Kota Gorontalo dalam pencegahan dan penanganan kumuh nantinya.

Dari hasil wawancara dengan Erwinsyah DPRD Komisi III Provinsi Gorontalo mengatakan. bahwa saya turun ini melihat lansung daerah-daerah yang masih kumuh. Sesuai SK Walikota Satu Tahun lallu saya menjadi Aleg, Tiga Bulan lalu baru saya tau bahwa ada program Kotaku, (Kota tanpa Kumuh). Dan saya berharap bisa berkolaborasi dengan Balai agar supaya banyak dana yang bisa terserap di Kota Gorontalo dalam hal penanganan kumuh. Apalagi ini kan Kotamadya, Ibu Kota Provinsi Gorontalo Kata”Erwinsyah”. Sangat disayangkan kalau namanya Ibu Kota masih banyak titik kumuh. Insya Allah Lima Tahun kedepan saya selaku anggot DPRD Provinsi berjuang agar semakin menepis daerah-daerah yang masih dikatakan kumuh. Jadi saya harap lebih banyaklah titik-titik yang ditangani untuk Kota Gorontalo. Setelah di tanyak apakah hanyak Kelurahan Dembe II saja yang akan menjadi prioritas, Erwinsyah mengatakan jika diberikan jata dan memungkinkan maka Sepuluhnya itu saya akan berikan kekota Gorontalo “kata Erwinsyah”. Dan saya kira ini kemungkinannya kecil karena kota lain juga membutuhkan.

Namun pada prinsipnya selama itu namanya pembangunan untuk kemaslahatan ummat, orang banyak, tentu kita semuanya akan tetap berjuang untuk itu. Semoga saja contoh niatan baik dari Erwinsyah Ismail selaku Aleg Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo dapat berjalan sesuai dengan keinginannya dan keinginan kita semua. Contoh kongrit kolaborasi yang disampaikan melaui kunjungan lansung di Kelurahan Dembe II Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Sehingga permasalahan Kumuh yang ada di Kota Gorontalo lebih cepat dapat teratasi dengan baik. Tentu ini sajalan dengan apa yang disampaikan Oleh Walokota Gorontalo mengatakan, Benahi Kota Rumah kita Bersama.[Gorontalo]


Penulis: Mustar Musyahri, Sub-Prof Komunikasi
Program Kotaku Provinsi Gorontalo

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.