"> ">
Beranda Warta Berita Percantik Rehab RTLH Bira, PT Mowilex Kolaborasi Bareng Kotaku

Percantik Rehab RTLH Bira, PT Mowilex Kolaborasi Bareng Kotaku

Berita Sulawesi Selatan Makassar Bira PT SMF PT Mowilex Kolaborasi Comments (1) View (195)

Rehabilitasi 14 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di lokasi dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang dilakukan PT Sarana Multi Griya Finansial (SMF) Persero, "disempurnakan" dengan bantuan cat dari PT Mowilex Indonesia. Bantuan 27 pail cat tembok itu diserahkan oleh Kepala Cabang PT Mowilex Indonesia Saenal kepada Koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Bira, Kelurahan Bira, Anwar, pada Senin (30/11).

Kegiatan ini disaksikan oleh perwakilan Pemkot Makassar Noorhaq Alamsyah dari Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman Kota Makassar, serta Kasie Pemerintahan Kecamatan Tamalanrea Andi Maryam, dan Sekretaris Kelurahan Bira Edita Risa. Hadir pula Team Leader Program Kotaku OSP 9 Provinsi Sulawesi Selatan Kalla Manta dan Koordinator Kotaku Kota Makassar Haerasdi.

Seperti diketahui, RTLH beranggaran Rp 1 miliar tersebut merupakan kolaborasi antara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, dengan PT SMF sebagai perwujudan Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan tersebut juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial PT Mowilex kepada warga sekitar dalam mewujudkan rumah layak huni, yang merupakan impian masyarakat Kelurahan Bira.

Menurut Saenal, PT Mowilex mengapresiasi kolaborasi bersama Program Kotaku ini. Ia berharap, bantuan cat berkualitas baik tersebut dapat bermanfaat bagi warga. Ia juga mengharapkan kelanjutan kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan permukiman kumuh ke depannya.

Hal serupa disampaikan oleh pihak Pemkot Makassar, diwakili oleh Noorhaq Alamsyah. Ia menyambut baik rehab RTLH di Bira, karena program pembangunan rumah ini yang berjalan bukan sekadar peningkatan kualitas saja. Ia juga mengapresiasi bantuan yang telah diberikan PT Mowilex, serta berharap ada kelanjutan kerja sama dalam membantu pemerintah mengatasi permukiman kumuh di Kota Makassar.

Rehab RTLH ini sendiri menyerap anggaran sebesar Rp 1 miliar dan proses pembangunannya sudah mencapai 90 persen. Di sisi lain, Pemkot Makassar memfasilitasi penerbitan sertifikat hak milik (SHM) bagi rumah yang dibangun, guna memberikan kepastian bermukim bagi warga. Dengan demikian warga dapat hidup lebih nyaman dan aman. [Sulsel]

Penulis: Hasruddin, TA FIC dan Jimmy F. Lumoindong, Askot KK Korkot 1 Makassar, OSP 9 Kotaku Provinsi Sulawesi Selatan

Editor: Nina Razad

1 Komentar


  1. Posted by agus | Dec 4, 2020

    Salam Perjuangan bagi kaum marginal

    terimakasih sudah menulis dan menginformasikan kepada publik terkait aksi kolaborasi dari berbagai pihak yang keren, manfaat dan rasa puas pemilik rumah, pendamping dan kolaborastor lainya yang berkontribusi terhadap Pembangunan rumah warga di kel Bira bisa menjadi pemicu kolaborasi lainya. sukses Bro

    salam perjuangan, dksyuka

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.