Beranda Pengaduan Lesson Learned PIM Efektif, Sosialisasi Pemeliharaan Infrastruktur Berbahasa Daerah

Efektif, Sosialisasi Pemeliharaan Infrastruktur Berbahasa Daerah

Lesson Learned PIM Sulawesi Tenggara Muna Comments (0) View (170)

Pelaksanaan Kegiatan Infrastruktur BPM Tahun 2020 di Kelurahan Raha II Kecamatan Katobu Kabupaten Muna saat ini telah mencapai progres 90% dan KSM telah menyurat kepada BKM untuk dilakukan sertifikasi pekerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka BKM telah menindaklanjuti surat KSM tersebut untuk diteruskan kepada Askot Mandiri dan Tim Teknis BPPW Propinsi Sulawesi Tenggara, dan hasilnya adalah jadwal pelaksanaan sertifikasi kegiatan akan dilaksanakan di minggu kedua Bulan November 2020.

Disela sela pertemuan antara BKM dan Tim Fasilitator dalam hal persiapan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi, salah seorang anggota BKM mempertanyakan kepada tim fasilitator perihal sosialisasi hasil kegiatan infrastruktur bahwa “Apakah spanduk sosialisasi pemeliharaan hasil pembanguan program KOTAKU dapat menggunakan bahasa daerah ? (010)”. Pertanyaan tersebut telah tercatat pada buku PIM BKM Mitra Kelurahan Raha II, dengan nomor register: 000374021020. Menanggapi pertanyaan tersebut, Tim Fasilitator melalui Senior Fasilitator menjelaskan bahwa Sosialisai tentang pemeliharaan hasil pembangunan program KOTAKU melalui spanduk yang menggunakan bahasa daerah itu lebih baik sepanjang pesan yang disampaikan tidak memuat isu SARA atau Politik.

Spanduk sosialisasi pemeliharaan kegiatan infrastruktur dibuat dengan tujuan agar warga masyarakat khususnya warga pemanfaat kegiatan infrastruktur dapat memahami tujuan pemeliharaan kegiatan yang telah dibangun. Selain itu dengan setiap hari membaca pesan yang ada dalam spanduk tersebut dapat memicu warga untuk tetap menjaga kegiatan tersebut sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Salah satu pelaksanaan kegiatan infrastruktur BPM Tahun 2020 di Kelurahan Raha II adalah sarana Air Bersih berupa pembuatan Sumur Bor sebanyak 8 unit dengan total biaya yang bersumber dari BPM Kotaku sebesar Rp.504.200.000,- dengan jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 20 Orang dan Jumlah pemanfaat sebanyak 130 KK yang tersebar di lokasi deliniasi kumuh Kelurahan Raha II.[Sultra]

Penulis: Tim Fasilitator Kabupaten Muna Program Kotaku Provinsi Sulawesi Tenggara

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait