Beranda Warta Cerita Di Pekalongan; Pemda Semangat, Masyarakat Giat

Di Pekalongan; Pemda Semangat, Masyarakat Giat

Cerita Jawa Tengah Pekalongan Kerja Bakti Comments (0) View (190)

Pagi yang cerah di hari Kamis (3/12), BKM, KSM dan warga sekitar Desa Tegaldowo bersama Tim KOTAKU dan Dinas Perkim dan LH, melakukan kegiatan kerja bakti “kebersihan dan penghijauan lingkungan” di lokasi BPM 2020 yaitu desa Tegaldowo. Kegiatan ini didampingi langsung oleh kepala Dinas Perkim LH Trinanto AM. Melalui kerja bakti ini diharapkan lingkungan menjadi lebih bersih, tertata rapi dan lebih asri.

Disamping itu juga dapat menjadi contoh bagi warga sekitar bahwa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri yang merupakan tanggung jawab bersama. Kegiatan penghijauan dalam bentuk menanam tanaman hias ini merupakan upaya mewujudkan perubahan wajah kampong lokasi BPM yang mana menjadi bagian komitmen nya warga Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto sekaligus untuk menjaga kelestarian alam dan keasrian desa.

Menurut Trinanto, infrastruktur yang sudah dibangun sebagus apapun ketika tidak ada komitmen dari warga untuk memelihara itu sangat disayangkan. Karena yang menjadi PR dimanapun adalah bagaimana memelihara. Infrastruktur yang sudah dibangun harus di rawat, dipelihara dan juga harus ada unsur keindahan dan perubahan wajahnya. Di sela-sela kegiatan kebersihan ini, ada kegiatan penanaman juga dilaksanakan sebagai sarana edukasi serta mengajak masyarakat untuk mandiri, menanam serta memelihara tanaman secara berkelanjutan sebagai langkah agar lingkungan tertata rapi dan lebih asri.

Beliaunya juga menyampaikan bahwa Kegiatan penghijauan dianggap sangat perlu untuk menjaga kelestarian alam, Desa tegaldowo yang saat ini baru menggeliat untuk menghijaukan desa nya lagi karena sudah hampir sepuluh tahunan desanya banjir rob. Selain itu kegiatan penghijauan ini juga merupakan program dari pemerintah yang harus kita dukung bersama-sama. Kepala Dinas Perkim dan LH mengharapkan masyarakat di Desa Tegaldowo Kecamatan Tirto untuk menjaga dan memelihara pohon yang di tanam bersama-sama pada hari ini, sehingga pohon tersebut akan tetap tumbuh subur dan bisa memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar.

Dalam kesempatan itu pula, Koordinator KOTAKU Kabupaten Pekalongan, Sri Ratnawati juga menyampaikan Kebersihan dan Penghijaun yang digelar kali ini diharapkan akan mampu menciptakan lingkungan yang hijau dan asri , kegiatan ini juga diharapkan mampu mewujudkan kebersamaan OPD dan Pemdes dan Masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Dalam kesempatan itu, M. Zabidin yang akrab dipanggil dengan Mas Yepi selaku ketua KSM Tegaldowo Asri menyampaikan ikut senang di RT 5 sekarang sudah dibangun. Ada peningkatan jalan Karena hanya di RT 5 ini saja kondisi jalan yang belum diperbaiki. Peningkatan Jalan di RT 5 memberikan manfaat bagi warga nya, ditambah dengan dibangunnya taman Tegaldowo Asri. RT 5 menjadi pusat kegiatannya desa Tegaldowo. Sebagai bentuk syukur warga RT 5, hari ini warga melaksanakan kerja bakti dan swadaya menanam. Mengakhiri acara kebersihan dan penghijauan ini, Kepala Dinas Perkim dan LH mengajak semua elemen masyarakat untuk melestarikan dan menghijaukan alam untuk masa depan anak cucu bangsa.[Jateng]

 

Penulis: Eva Shokhifatun Nisa, Assisten Urban Planner Kabupaten Pekalongan
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.