Beranda Warta Berita 'Padat Merayap' Kegiatan Kotaku Kota Hujan

'Padat Merayap' Kegiatan Kotaku Kota Hujan

Berita Jawa Barat Bogor Padat Karya Comments (0) View (58)

Program Kotaku di Kota Bogor sedang berlangsung, meliputi beberapa kegiatan antara lain Infrastruktur Skala Lingkungan, Peningkatan Kapasitas Masyarakat, Kegiatan Sosialisasi dan Penyebaran Media Sosialisasi, masing-masing kegiatan tersebut memiliki keterkaitan antara satu sama lainnya sehingga dianggap perlu untuk di selesaikan semuanya.

Kegiatan Infrastruktur Skala Lingkungan dilaksanakan di Lokasi Penerima Bantuan pemerintah untuk Masyarakat (BPM), di 12 Lokasi Kelurahan di Kota bogor yang masing-masing mendapatkan 1 Milyar per kelurahannya, saat ini sudah menyelesaikan kegiatan dan menyerap anggaran sebesar 70%, sedangkan unutk 30% lagi masih dalam tahap pengusulan, kegiatan BPM ini ditargetkan selesai pada bulan Desember 2020.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat juga dilaksanakan di lokasi BPM yang meliputi enam Kegiatan Pelatihan masyaratakt dan sertifikasi tukang dengan alokasi setiap kelurahnnya masing-masing sebesar 10 juta, untuk kegiatan pelatihan sudah selesai dilaksanakan kepada pihak Aparat, BKM, KPP, TIPP, KSM dan UP-UP sebagai bahan pengetahuan mereka dalam rangka mendukung dan menjalankan program Kotaku di Kota Bogor. Untuk sertifikasi tukang masing-masing kelurahan disertifikasi 10 orang artinya kurang lebih 120 tukang yang bekerja dalam program kota disertifikasi, kegiatab ini dilaksanakan pada tanggal 16 - 23 November 2020, dalam hal ini program kotaku (OC5 Jawa Barat) Bekerjasama dengan pihak Balai Jasa Kontruksi melaksanakan sertifikasi tersebut.

Selain ini itu, dalam rangka mendukung kegiatan peningktan kapasitas, Pemerintah pusat melalui Manajemen OC 5 Jawa Barat memfasilitasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara virtual tingkat masyarakat dan diskusi tematik tingkat Kota, masing- masing dilakukan 2 kali event periode oktober dan periode November. Sosialisasi ini di laksanakan unutk lebih memperkuat partisipasi masyarakat dan peran pemerintah daerah dalam rangka mendukung penuntasan kumuh dan lebih masif lagi Gerakan masyarakat dalam rangka menuntaskan kumuh.

pihak manajemen juga memfasilitasi pengadaan media sosialiasi berupa, Neswletter, Spanduk, Poster, Baligho yang disebar ke seluruh kelurahan dan Pemerintah kota. Walupun dalam kondisi yang serba keterbatasan “masa pandemic” rangkai kegiatan ini tetap berproses dan dilaksanakan oleh setiap pelaku program sesuai dengan peran dan fungsinya, tentunya dengan tetap memenuhi protokoler Kesehatan.[Jabar]


Penulis: Ripki Kaelani, Askot IC Kota Bogor
Program Kotaku Provinsi Jawa Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.