Beranda Warta Cerita Menebar Pesan Baik Melalui Media Massa

Menebar Pesan Baik Melalui Media Massa

Cerita Sumatra Selatan Palembang Media Sosialisasi Comments (0) View (54)

Minggu Ke-empat bulan November 2020, telah dilaksanakan Distribusi media sosialisasi berupa banner spanduk terkait dengan kegiatan program KOTAKU di tujuh Kecamatan (Alang-alang lebar, Sukarami, Ilir Timur Dua, Kemuning, Sako, Kalidoni dan Sematang Borang) yang tersebar di delapan belas kelurahan pencegahan secara serentak yaitu kelurahan Srijaya, Karya Baru, Talang Kelapa, Alang-alang lebar, Talang Betutu, Talang Jambi, Sukodadi, Sukarami, Sukabangun, Sukajaya, Sukamaju, Sako, Sako baru, Sialang, Lebong Gajah, Bukit Sangkal, Delapan Ilir dan Ario Kemuning).

Sebanyak 180 (seratus delapan puluh) spanduk banner berukuran 400 x 100 meter terbentang di titik-titik strategis. Dalam banner tersebut tersurat dua pesan penting yaitu “Berkolaborasi Dengan Satu Data, Satu Peta Dan Satu Perencanaan Dalam Membangun Kelurahan Tercinta” Dan Pesan Di Spanduk PHBS Yaitu “”Ayo Budayakan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Menjaga Kebersihan Lingkungan Dan Membuang Sampah Pada Tempatnya”. Spanduk ini telah terpasang di kantor lurah, Gerbang perumahan , Pasar dan beberapa tempat strategis lainnya dengan harapan pesan tersebut tersampaikan kepada seluruh warga masyarakat.

Media sosialisasi ini difasilitasi oleh pihak manajemen OC-4 KOTAKU Sumatera Selatan yang diserahkan manajemen ke pihak korkot, pihak korkot mengamanahkan kepada faskel pendamping untuk didistribusikan kepada LKM selaku pihak pelaksana program di kelurahan. Setumpuk Spanduk telah didistribusikan ke LKM, serah terima spanduk disertai dengan penandatangan berita acara dan dokumentasi serah terima spanduk, dan juga dokumentasi pemasangan spanduk di titik-titik strategis di masing-masing kelurahan.

Media sosialisasi dapat dideskripsikan sebagai ruang dimana proses internalisasi nilai, norma, dan tata kelakukan yang membentuk kepribadian seseorang berlangsung. Sosialisasi selalu memerlukan media. Beberapa contoh media sosialisasi yang bisa disebutkan di sini diantaranya keluarga, teman, sekolah, tempat kerja, dan media massa. Media massa merupakan sarana komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ke masyarakat luas. Spanduk adalah Media Massa Cetak. Yang dicetak dalam lembaran kertas atau media cetak lainnya.

Peran media massa sangat penting dalam penyebaran informasi, edukasi serta pembentukan opini yang positif kepada masyarakat luas dan pemerintah daerah mengenai upaya pencapaian target 100-0-100 melalui pemberitaan di media. Selain itu, media massa berupa spanduk yang berisi pesan dan ajakan secara spontan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap substansi program untuk mewujudkan target 100-0-100 penanganan permukiman kumuh. Semoga pesan yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan berpengaruh positif bagi warga masyarakat agar tetap peduli terhadap lingkungan. Diharapkan pesan yang terkandung dalam media cetak ini dapat menimbulkan respon positif terhadap perbaikan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan.[Sumsel]


Penulis: Ade Dian Syerni, Fasilitator IC Koorkot 1 Palembang OC-4
Program Kotaku Provinsi Sumatra Selatan

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.