Beranda Warta Cerita KSM Ekonomi Desa Panjuna Belajar Mandiri

KSM Ekonomi Desa Panjuna Belajar Mandiri

Cerita Jawa Tengah Pati UPK KSM Comments (0) View (85)

UPK BKM Lestari Desa Panjunan Kecamatan Pati Kabupaten Pati setiap bulan melakukan realisasi pinjaman bergulir kepada KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang membutuhkan bantuan modal usaha. Realisasi ini menyesuaikan pengajuan dan kondisi keuangan UPK di bulan tersebut.

Pada bulan Nopember 2020, ada dua pengajuan pinjaman, yaitu KSM Dahlia 22 dan KSM Dahlia 23. Ketika fasilitator bertemu dengan beberapa anggota KSM yang hendak mengajukan pinjaman, diketahui bahwa mereka belum mampu mengisi proposal pengajuan pinjaman.

Kemudian disepakati bersama UPK dan KSM untuk diadakan coaching untuk para anggota KSM. Coaching adalah mengajarkan, membimbing, memberikan instruksi kepada seseorang (atau kelompok) agar dia (atau mereka) memperoleh ketrampilan atau metode baru dalam melakukan sesuatu untuk mencapai suatu sasaran yang dikehendaki.

Dalam coaching ini, para anggota KSM belajar mengisi proposal pengajuan pinjaman mulai dari mengisi Rencana Anggaran Biaya dan proyeksi laba yang diinginkan setelah mendapatkan pinjaman bergulir. Tidak hanya mengisi proposal, tapi anggota KSM juga belajar untuk memahami dan menghitung arus kas perputaran usahanya.

Kesulitannya adalah saat ditanya tentang modal yang dipunyai, banyak dari mereka yang tidak tahu. Setelah coaching, mereka jadi tahu, bagaimana cara menghitung modal yang sudah mereka miliki. Dengan adanya coaching ini, diharapkan para anggota KSM akan lebih berhati-hati dalam mengelola uang untuk perputaran usaha sehingga usahanya bisa berkembang.[Jateng]


Penulis: Lilik Erfana, Fasilitator Kotaku Kabupaten Pati
Program Kotaku Provinsi Jawa Tengah

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.