Beranda Warta Berita Perdana, Bengkalis Gelar Pelatihan Vokasional

Perdana, Bengkalis Gelar Pelatihan Vokasional

Berita Riau Bengkalis Pelatihan Vokasional Comments (1) View (117)

Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan profesi keterampilan kerja di bidang jasa konstruksi, Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR memberikan bantuan fasilitasi peningkatan keterampilan kerja di sektor jasa konstruksi untuk meningkatkan kesejahteraan dan penghidupan masyarakat. Hal itu diwujudkan dalam bentuk Pelatihan Vokasional NSUP KOTAKU Riau yag bertempat di gedung Balai Adat Daerah Kabupaten Bengkalis selama 4 hari yaitu tanggal 15 sd 18 Desember 2020. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama PPK PKP BPPW Provinsi Riau dengan UPT–LK (Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja) Wilayah 1 di bawah naungan Dinas Tenaga Kerja & Transmigasi Provinsi Riau.

Pelatihan diikuti oleh 70 orang peserta yang terdiri dari unsur masyarakat yang punya latar belakang tukang yang belum tersertifikasi di lingkungan Kecamatan Mandau. Pelatihan Vokasional ini dibuka oleh Pokja PKP Kabupaten Bengkalis yang di wakili Fitrianita Eka Putri. Hadir juga dalam acara pelatihan, PPK PKP Provinsi Riau Lissa Fitriani, dan Team Leader OC3 Kotaku Riau James Erick Siagian.

Dalam sambutannya Fitrianita menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo ketika memberikan pengantar pada rapat terbatas yang membahas tentang pendidikan dan pelatihan vokasi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/09/2016) menginstruksikan pentingnya melakukan reorientasi pendidikan dan pelatihan vokasi ke arah demand driven sehingga kurikulum, materi pembelajaran, praktik kerja, pengujian serta sertifikasi sesuai dengan permintaan dunia usaha dan industri.

Para peserta dibekali materi tentang teknik konstruksi bangunan dengan metode teori dan On the Job Trainning (Praktek Lapangan). Dengan orientasi peningkatan keterampilan, kecakapan, pengetahuan, perilaku, sikap, kebiasaan kerja yang mendorong terhadap peningkatan infrastruktur yang dibangun.

"Out put yang ingin diperoleh dari Pelatihan Vokasional ini adalah meningkatkan kompentensi dan kemampuan yang mendukung profesionalisme keterampilan kerja individu/perseorangan di bidang tenaga konstruksi.[Riau]

 

 

Penulis: Surasni, Askot Mandiri Kabupaten Bengkalis
Program Kotaku Provinsi Riau

Editor : Epn

1 Komentar


  1. Posted by Octo Fauzie utama | Jan 19, 2021

    Very good

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.