Beranda Warta Cerita Pusat Kuliner, KPP Gading Cempaka Berkiprah

Pusat Kuliner, KPP Gading Cempaka Berkiprah

Cerita Bengkulu PPMK KSM KPP Livelihood Comments (0) View (178)

Tidak terlalu ramai akan tetapi tampak sejumlah aktivitas di pusat kuliner Kelurahan Penurunan yang baru saja selesai dibangun di Desember 2020 lalu. Sejumlah pengunjung tengah menikmati makanan dan minuman yang disajikan oleh para pedagang yang telah menempati lapak mereka masing-masing di pusat kuliner Kelurahan Penurunan pada Senin 18 Januari 2021.

KPP Gading Cempaka yang diamanahkan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah Kelurahan Penurunan untuk mengelola pusat kuliner yang telah dibangun melalui dana infrastruktur livelihood program KOTAKU Kota Bengkulu telah mulai mengoperasikan pusat kuliner tersebut pada hari itu. Sejumlah pedagang yang merupakan anggota KSM PPMK binaan BKM Amanah Kelurahan Penurunan sudah mulai berdagang, begitu juga sejumlah produk yang merupakan produksi KSM PPMK sudah terpajang pada display yang tersedia di pusat kuliner ini.

Ketua KPP gading Cempaka Ibu Elmira menuturkan “KPP sudah menyusun kriteria usaha dan produk apa yang dapat didisplay dan diolah disini. Kita memang mengkombinasikan produk olahan konvensional seperti lontong, siomay, mi serta produk kekinian seperti aneka kopi racikan dan thai tea yang sedang booming utamanya di kalangan kawula muda. Sementara produk berupa makanan khas Bengkulu yang dapat dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan domestik dan wisatawan luar juga didisplay di sini, kami ingin gedung ini jadi ikon konvensional namun kekinian di Penurunan”.

Dalam perjalanannya hingga tahun 2020, KSM PPMK yang awalnya di tahun 2014 terdiri atas 3 KSM telah mengalami penambahan kelompok namun hanya sebagian kecil saja yang tetap konsisten pada usaha dan produknya dengan niat awal untuk mengembangkan usahanya. Di masyarakat sendiri sangat banyak bermunculan usaha-usaha kecil yang membutuhkan pembinaan dan support pendanaan dan siap bergabung menjadi KSM PPMK.

“Pusat Kuliner PPMK Penurunan ini merupakan hasil kajian permasalahan dan potensi KSM yang dilakukan BKM dan UPK bersama para anggota KSM PPMK maupun non KSM (diluar binaan BKM dan UPK), yaitu kebutuhan akan adanya sebuah tempat memasarkan dan menjual produk KSM karena bila menyewa lapak di tempat lain terlalu besar biayanya dan juga resikonya, misalnya razia penertiban, tidak higienis, dan juga cuaca.” kata Armeineli, UPK BKM Amanah yang juga termasuk dalam unit usaha di KPP Gading Cempaka.

KPP Gading Cempaka, sembari mengoperasikan Pusat Kuliner PPMK, juga sedang menjajaki berbagai kemungkinan kemitraan dan kerja sama dengan pihak lain agar Pusat Kuliner PPMK memiliki daya tarik yang lebih baik.

“Beberapa rencana kerja KPP antara lain menyiapkan proposal kepada lembaga lain, baik komersil maupun non komersil. Misalnya untuk penambahan inventaris berupa meja dan kursi tamu, sarana display berupa etalase. Apalagi tahun ini juga ada rencana penataan dan pembangunan taman ruang terbuka di sebelah gedung oleh pihak PUPR Kota, tentu sangat menarik karena KPP juga berencana mengadakan event-event” sambung Elmira lagi.

BKM Amanah Kelurahan Penurunan telah menerima pekerjaan pembangunan Pusat Kuliner PPMK dari dana infrastruktur livelihood 2020 Program KOTAKU dari KSM Gading Cempaka. Kegiatan tersebut juga telah diserahterimakan kepada PPK PKP Balai Perumahan dan Permukiman Provinsi Bengkulu pada akhir Desember 2020 lalu. PPK PKP Balai Perumahan Permukiman Propinsi Bengkulu telah menyerahkan bangunan dan semua aset yang ada di dalamnya kepada pihak Kelurahan Penurunan untuk selanjutnya dikelola oleh KPP Gading Cempaka, sebagai kelompok masyarakat yang dipercaya untuk mengelola pemeliharaan dan pemanfaatan bangunan tersebut.[Bengkulu]

 

Penulis: Ruben Harianja, Senior Fasilitator Kota Bengkulu
Program Kotaku Provinsi Bengkulu

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.