Beranda Warta Cerita PPMK Siantan Hilir: Pengorbanan Warga Berbuah Manis

PPMK Siantan Hilir: Pengorbanan Warga Berbuah Manis

Cerita Kalimantan Barat Pontianak PPMK Livelihood Comments (0) View (168)

Sore itu tim pendamping mengunjungi lokasi yang akan direncanakan untuk kegiatan BPM PPMK KOTAKU 2020 di lokasi Jl.. Sungai Selamat Dalam Gg. Tani RT002-RW017 Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak rasanya gembira saat senyum manis dan rona ketulusan dari seorang perempuan menyambut kedatangan tim faskel Perempuan itu Sri Hati Sundari atau lebh akrab dipanggil Ibu Sri adalah Ketua KSM Tani Sejahtera mempersilahkan kami duduk dan menikmati segarnya suasana hamparan kebun sayur yang hijau di sekitar rumahnya.

Perbincangan tentang maksud dan tujuan kedatangan kamipun disampaikan dalam suasana santai bersama beliau dan anggota keluarga saat itu. Beliau dan anggota keluarga mendengarkan dan sesekali bertanya dengan ramah dan senyum lembutnya tentang apa yang menjadi topic pembicaraan hangat sore itu terlebih ditemani suguhan kopi dan gorengan khas Pontianak namun lebih serius Ketika menyampaikan perencanaan kegiatan dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam kegiatan BPM PPMK KOTAKU 2020 nanti. Terutama mengenai prosedur dan mekanisme program serta persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh KSM Tani Sejahtera sebelum pelaksanaan, dan salah satu persyaratan yang dirasa berat oleh KSM adalah mengharuskan adanya proses perizinan penggunaan dan hibah tanah mengingat kegiatan di lokasi Gg. Tani ini berada pada tanah pribadi warga bukan pada tanah atau fasilitas umum seperti kebanyakan kegiatan program lainnya.

Di luar dugaan beliau dan keluarga setuju untuk menghibahkan lahan bagi kegiatan program KOTAKU yang akan dilaksanakan di lahan perkebunan keluarga beliau persoalan selanjutnya adalah rencana pembukaan jalan baru yang akan melintasi beberapa lahan warga di lingkungan RT003-RW017 Kel. Siantan Hilir. beliau menyarankan untuk melakukan pertemuan rembug warga dengan difasilitasi oleh Ketua RT003-RW017 dan Lurah Siantan Hilir dan jadwal pertemuan pun disepakati meskipun masih ada rasa was was khawatir ada penolakan dari warga masyarakat.

Pada tanggal 12 Juli 2020 dilakukan rembug warga yang difasilitasi oleh Ketua RT003-RW017 dan Lurah Purwati, S. STp dengan dihadiri oleh perwakilan Tim Fasilitator KOTAKU dan warga setempat, dan dalam rembug warga tersebut disampaikan maksud dan tujuan dari rencana kegiatan program KOTAKU untuk pembangunan jalan baru yang nantinya akan melintasi tanah warga dan selanjutnya akan terhubung dengan jalan di lingkungan RT002-RW017.

Diskusi tentang perencanaan pembangunan jalan baru sepanjang 110 x 2.5 M berlangsung hangat dikarenakan ada warga yang keberatan untuk menghibahkan tanahnya dan berharap adanya ganti rugi dari pihak kelurahan setempat, tetapi kemudian diberikan pemahaman bahwa dalam kegiatan program KOTAKU tidak mengenal istilah ganti rugi hanya berharap partisipasi warga untuk menghibahkan sedikit bagian tanahnya untuk kepentingan umum yang nantinya jalan tersebut akan dimanfaatkan oleh warga masyarakat dalam mempermudah akses transportasi mengangkut hasil panen sayuran dan ini akan mempercepat proses keluar masuk hasil panen petani sayuran dan pada akhirnya disepakati untuk dilakukan pendataan tanah warga yang akan terdampak sebanyak 5 (lima) orang dan akan difasilitasi oleh Ketua RT003-RW017 untuk kelengkapan administrasi sesuai ketentuan prosedur dan mekanisme program.

Proses hibah tanah warga ke pemkot memakan waktu yang cukup lama, diperlukan beberapa kali konsultasi ke Badan Asset Kota Pontianak untuk kelengkapan administrasi hibah tersebut belum lagi ada beberapa pemilik tanah tidak berada di Pontianak, untungnya hadir sosok relawan Ketua RT yang sigap dan bertanggungjawab dalam hal pemenuhan kelengkapan administrasi hibah tersebut dan atas arahan PPK Provinsi Kalbar dalam pemenuhan persyaratan pada akhirnya kegiatan padat karya BPM PPMK 2020 dapat dilaksanakan dengan lancar.

Terwujudnya pelaksanaan kegiatan program KOTAKU 2020 tentunya tidak lepas dari partisipasi warga yang tulus ikhlas menghibahkan sebagian tanahnya dan dukungan BKM KHAJUMA serta Lurah Siantan Hilir dengan tekad dan tanggung jawab penuh mengawal kegiatan KSM TANI SEJAHTERA hingga selesai sampai dengan tahap akhir. Berharap atas perbaikan infrastruktur Kawasan petani sayur Siantan Hilir melalui program KOTAKU 2020 dapat meningkatkan hasil panen para petani sayur yang pada akirnya berdampak peda peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. Aamiin.[Kalbar]

 

Penulis: Eny Fitri Riyani, Senior Fasilitator Tim 2 Kecamatan Pontianak Utara
Program Kotaku Provinsi Kalimantan Barat

Editor : Epn

0 Komentar

Yang terkait

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.